Deskripsi masalah : Jika kalian mau datangilah onta sedekah, lalu minumlah susu dan air kencingnya (HR. Bukhari & Muslim)
Pertanyaan : Seluruh kotoran dan kencing hewan itu kan najis, lalu bagaimana dengan Hadits diatas, mohon pencerahannya.
Jawaban:
Teks selengkapnya Hadits tersebut adalah sebagaimana berikut :
ﻭ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻳَﺤْﻴَﻰ ﺑْﻦُ ﻳَﺤْﻴَﻰ ﺍﻟﺘَّﻤِﻴﻤِﻲُّ ﻭَﺃَﺑُﻮ ﺑَﻜْﺮِ ﺑْﻦُ ﺃَﺑِﻲ ﺷَﻴْﺒَﺔَ ﻛِﻠَﺎﻫُﻤَﺎ ﻋَﻦْ ﻫُﺸَﻴْﻢٍ ﻭَﺍﻟﻠَّﻔْﻆُ ﻟِﻴَﺤْﻴَﻰ ﻗَﺎﻝَ ﺃَﺧْﺒَﺮَﻧَﺎ ﻫُﺸَﻴْﻢٌ ﻋَﻦْ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟْﻌَﺰِﻳﺰِ ﺑْﻦِ ﺻُﻬَﻴْﺐٍ ﻭَﺣُﻤَﻴْﺪٍ ﻋَﻦْ ﺃَﻧَﺲِ ﺑْﻦِ ﻣَﺎﻟِﻚٍ ﺃَﻥَّ ﻧَﺎﺳًﺎ ﻣِﻦْ ﻋُﺮَﻳْﻨَﺔَ ﻗَﺪِﻣُﻮﺍ ﻋَﻠَﻰ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺍﻟْﻤَﺪِﻳﻨَﺔَ ﻓَﺎﺟْﺘَﻮَﻭْﻫَﺎ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﻟَﻬُﻢْ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺇِﻥْ ﺷِﺌْﺘُﻢْ ﺃَﻥْ ﺗَﺨْﺮُﺟُﻮﺍ ﺇِﻟَﻰ ﺇِﺑِﻞِ ﺍﻟﺼَّﺪَﻗَﺔِ ﻓَﺘَﺸْﺮَﺑُﻮﺍ ﻣِﻦْ ﺃَﻟْﺒَﺎﻧِﻬَﺎ ﻭَﺃَﺑْﻮَﺍﻟِﻬَﺎ ﻓَﻔَﻌَﻠُﻮﺍ ﻓَﺼَﺤُّﻮﺍ ﺛُﻢَّ ﻣَﺎﻟُﻮﺍ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﺮُّﻋَﺎﺓِ ﻓَﻘَﺘَﻠُﻮﻫُﻢْ ﻭَﺍﺭْﺗَﺪُّﻭﺍ ﻋَﻦْ ﺍﻟْﺈِﺳْﻠَﺎﻡِ ﻭَﺳَﺎﻗُﻮﺍ ﺫَﻭْﺩَ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓَﺒَﻠَﻎَ ﺫَﻟِﻚَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲَّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓَﺒَﻌَﺚَ ﻓِﻲ ﺃَﺛَﺮِﻫِﻢْ ﻓَﺄُﺗِﻲَ ﺑِﻬِﻢْ ﻓَﻘَﻄَﻊَ ﺃَﻳْﺪِﻳَﻬُﻢْ ﻭَﺃَﺭْﺟُﻠَﻬُﻢْ ﻭَﺳَﻤَﻞَ ﺃَﻋْﻴُﻨَﻬُﻢْ ﻭَﺗَﺮَﻛَﻬُﻢْ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺤَﺮَّﺓِ ﺣَﺘَّﻰ ﻣَﺎﺗُﻮﺍ
Susungguhnya manusia dari Bani Urainah mendatangi Nabi Muhammad saw, (mereka tidak tahan dengan iklim Madinah hingga mereka pun sakit), maka beliau berkata kepada mereka : Jika kalian mau, pergilah kepada unta-unta sedekah (unta zakat), lalu minum air susu dan kencingnya. Lalu mereka melakukan apa yang dianjurkan oleh Nabi, sehingga mereka sehat kembali. Tetapi selang beberapa saat, mereka menyerang para penggembala unta dan mereka membunuhnya. Sesudah itu mereka murtad dari agama Islam, mereka juga merampas unta-unta Rasulullah saw. Peristiwa tersebut dilaporkan kepada Rasulullah saw, kemudian beliau memerintahkan supaya mengejar mereka sampai dapat. Setelah mereka di hadapan beliau, beliau memerintahkan supaya tangan dan kaki mereka dipotong, lalu mata mereka dicukil, sesudah itu mereka dibiarkan diterik matahari yg panas sampai mati.
[ Hr. Muslim No.3162 ].
Apakah Hadits diatas bisa menjadi dalil atas suci nya air kencing, dan bisa diminum?
Ibnu Hajar Al Asqolani menyebutkan bahwa Imam As Syafii dan mayoritas para Ulama’ berpendapat bahwa semua air kencing dari hewan yang halal dimakan atau tidak adalah najis. Beliau menambahkan bahwa juga ada Hadits yang menyatakan atas najisnya air kencing.
Menanggapi Hadits di atas, Imam As Syarbini menyatakan di dalam Mughnil Muhtaj :
ﻭﺍﻣﺎ ﺍﻣﺮﻩ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺍﻟﻌﺮﻧﻴﻴﻦ ﺑﺸﺮﺏ ﺍﺑﻮﺍﻝ ﺍﻻﺑﻞ ﻓﻜﺎﻥ ﻟﻠﺘﺪﺍﻭﻯ ﻭﺍﻟﺘﺪﺍﻭﻯ ﺍﻟﻨﺠﺲ ﺟﺎﺋﺰ ﻋﻨﺪ ﻓﻘﺪ ﺍﻟﻄﺎﻫﺮ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﻘﻮﻡ ﻣﻘﺎﻣﻪ
Adapun perintah Rasulullah saw kepada Al-Urainiyyin (orang Bani Urainah) untuk meminum kencing unta, tujuannya adalah untuk pengobatan dengan memakai sesuatu yang najis, berobat dengan benda najis adalah mubah (boleh) jika memang yang suci tidak bisa menggantikannya (dijadikan obat).
[ Zean Areev ]
فتح الباري لابن حجر العسقلاني
ﻭﺃﻣﺎ ﺷﺮﺑﻬﻢ ﺍﻟﺒﻮﻝ ﻓﺎﺣﺘﺞ ﺑﻪ ﻣﻦ ﻗﺎﻝ ﺑﻄﻬﺎﺭﺗﻪ ﺃﻣﺎ ﻣﻦ ﺍﻹﺑﻞ ﻓﺒﻬﺬﺍ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﻭﺃﻣﺎ ﻣﻦ ﻣﺄﻛﻮﻝ ﺍﻟﻠﺤﻢ ﻓﺒﺎﻟﻘﻴﺎﺱ ﻋﻠﻴﻪ ، ﻭﻫﺬﺍ ﻗﻮﻝ ﻣﺎﻟﻚ ﻭﺃﺣﻤﺪ ﻭﻃﺎﺋﻔﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻠﻒ ﻭﻭﺍﻓﻘﻬﻢ ﻣﻦ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ ﺍﺑﻦ ﺧﺰﻳﻤﺔ ﻭﺍﺑﻦ ﺍﻟﻤﻨﺬﺭ ﻭﺍﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ ﻭﺍﻹﺻﻄﺨﺮﻱ ﻭﺍﻟﺮﻭﻳﺎﻧﻲ ، ﻭﺫﻫﺐ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻭﺍﻟﺠﻤﻬﻮﺭ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻘﻮﻝ ﺑﻨﺠﺎﺳﺔ ﺍﻷﺑﻮﺍﻝ ﻭﺍﻷﺭﻭﺍﺙ ﻛﻠﻬﺎ ﻣﻦ ﻣﺄﻛﻮﻝ ﺍﻟﻠﺤﻢ ﻭﻏﻴﺮﻩ ، ﻭﺍﺣﺘﺞ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻤﻨﺬﺭ ﻟﻘﻮﻟﻪ ﺑﺄﻥ ﺍﻷﺷﻴﺎﺀ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻄﻬﺎﺭﺓ ﺣﺘﻰ ﺗﺜﺒﺖ ﺍﻟﻨﺠﺎﺳﺔ ﻗﺎﻝ : ﻭﻣﻦ ﺯﻋﻢ ﺃﻥ ﻫﺬﺍ ﺧﺎﺹ ﺑﺄﻭﻟﺌﻚ ﺍﻷﻗﻮﺍﻡ ﻟﻢ ﻳﺼﺐ ﺇﺫ ﺍﻟﺨﺼﺎﺋﺺ ﻻ ﺗﺜﺒﺖ ﺇﻻ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﻗﺎﻝ : ﻭﻓﻲ ﺗﺮﻙ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺑﻴﻊ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺃﺑﻌﺎﺭ ﺍﻟﻐﻨﻢ ﻓﻲ ﺃﺳﻮﺍﻗﻬﻢ ﻭﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻝ ﺃﺑﻮﺍﻝ ﺍﻹﺑﻞ ﻓﻲ ﺃﺩﻭﻳﺘﻬﻢ ﻗﺪﻳﻤﺎ ﻭﺣﺪﻳﺜﺎ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﻧﻜﻴﺮ ﺩﻟﻴﻞ ﻋﻠﻰ ﻃﻬﺎﺭﺗﻬﺎ . ﻗﻠﺖ : ﻭﻫﻮ ﺍﺳﺘﺪﻻﻝ ﺿﻌﻴﻒ ; ﻷﻥ ﺍﻟﻤﺨﺘﻠﻒ ﻓﻴﻪ ﻻ ﻳﺠﺐ ﺇﻧﻜﺎﺭﻩ ﻓﻼ ﻳﺪﻝ ﺗﺮﻙ ﺇﻧﻜﺎﺭﻩ ﻋﻠﻰ ﺟﻮﺍﺯﻩ ﻓﻀﻼ ﻋﻦ ﻃﻬﺎﺭﺗﻪ ، ﻭﻗﺪ ﺩﻝ ﻋﻠﻰ ﻧﺠﺎﺳﺔ ﺍﻷﺑﻮﺍﻝ ﻛﻠﻬﺎ ﺣﺪﻳﺚ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺍﻟﺬﻱ ﻗﺪﻣﻨﺎﻩ ﻗﺮﻳﺒﺎ
مغني المحتاج ج ١ ص ٢٣٣
ﻭﺍﻣﺎ ﺍﻣﺮﻩ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺍﻟﻌﺮﻧﻴﻴﻦ ﺑﺸﺮﺏ ﺍﺑﻮﺍﻝ ﺍﻻﺑﻞ ﻓﻜﺎﻥ ﻟﻠﺘﺪﺍﻭﻯ ﻭﺍﻟﺘﺪﺍﻭﻯ ﺍﻟﻨﺠﺲ ﺟﺎﺋﺰ ﻋﻨﺪ ﻓﻘﺪ ﺍﻟﻄﺎﻫﺮ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﻘﻮﻡ ﻣﻘﺎﻣﻪ
Ingin bertanya permasalahan Agama? Kirimkan pertanyaan Anda kepada Tim Asatidz Tafaqquh Nyantri Yuk, klik http://tanya.nyantriyuk.id