Pertanyaan : Bak Mandi Saya Ukuran panjang 110cm lebar 68cm dan tinggi 45cm, Kadang terisi air penuh kadang tidak.
Yang mau saya tanyakan; Apabila Bak Mandi tersebut dalam keadaan terisi air penuh atau pun tidak terisi air penuh kadang kejatuhan kotoran tikus dari atas, namun tidak banyak (tidak merubah rasa warna dan bau pada air) apakah di hukumi najis dan apakah bisa untuk bersuci (wudhu/mandi junub)?
Jawaban:
Apabila ada najis yang jatuh ke air, lalu najis tersebut merubah warna, rasa atau bau dari air maka air tersebut menjadi mutanajis sehingga tidak bisa lagi dipakai bersuci.
Jika najis itu tidak merubah sifat air maka hukumnya dirinci:
1. Jika airnya banyak (2 kulah / 216 liter, atau lebih) maka airnya tetap suci dan mensucikan.
2. Jika airnya sedikit (kurang dari 2 kulah) maka airnya menjadi mutanajis sehingga tidak lagi bisa dijadikan alat bersuci.
Ini adalah pendapat Madzhab Syafii.
Dalam Madzhab Maliki, air sedikit mau pun banyak jika terkena najis tetap bisa digunakan bersuci selama sifatnya tidak berubah. Pendapat ini adalah yang dipilih oleh Imam Nawawi, al Ghazali dan Ar Ruyani.
Dari sini dapat disimpulkan jawaban dari pertanyaan anda sebagai berikut:
Apabila bak mandi anda berisi air banyak (216 liter/lebih) dan airnya tidak berubah, maka airnya tetap suci mensucikan. Sedangkan jika kotoran itu merubah rasa atau bau atau warna air maka airnya menjadi najis.
Apabila bak mandi anda berisi air yang sedikit (kurang dari 216 liter) dan airnya berubah sifatnya maka air tersebut menjadi najis. Jika tidak berubah maka ada dua pendapat, yang kuat dalam madzhab Syafii air tersebut menjadi najis, sedangkan menurut Madzhab Maliki yang dipilih pula oleh Imam Nawawi bahwa air tersebut tetap suci.
Referensi:
المجموع شرح المهذب – شجرة العناوين ( 1(112
* وأما حكم المسألة وهى إذا وقع في الماء الراكد نجاسة ولم تغيره فحكى ابن المنذر وغيره فيها سبعة مذاهب للعلماء أحدها ان كان قلتين فأكثر لم ينجس وان كان دون قلتين نجس وهذا مذهبنا ومذهب ابن عمر وسعيد بن جبير ومجاهد وأحمد وأبي عبيد واسحق بن راهويه
المجموع شرح المهذب – شجرة العناوين (1(113
(والسابع) لا ينجس كثير الماء ولا قليله الا بالتغير حكوه عن ابن عباس وابن المسيب والحسن البصري وعكرمة وسعيد بن جبير وعطاء وعبد الرحمن ابن أبي ليلي وجابر بن زيد ويحيى بن سعيد القطان وعبد الرحمن بن مهدى: قال أصحابنا وهو مذهب مالك والاوزاعي وسفيان الثوري وداود ونقلوه عن أبي هريرة والنخعي قال ابن المنذر وبهذا المذهب أقول واختاره الغزالي في الاحياء واختاره الروياني في كتابيه البحر والحلية قال في البحر هو اختياري واختيار جماعة رأيتهم بخراسان والعراق
وهذا المذهب أصحها بعد مذهبنا
Pengertian Air Dua Qullah.
Air 2 Qullah adalah : Air yang mencapai ukuran yang bisa dianggap banyak. Untuk mengetahui apakah air telah mencapai ukuran 2 Qullah Ada dua cara.
Pertama : Dengan melihat pada ukuran wadah air. Perinciannya adalah sebagai berikut :
1. Apabila wadah yang digunakan adalah wadah berbentuk persegi empat, maka; panjang, lebar dan kedalaman wadah tersebut adalah 1 ¼ Dziro’(60cm) panjang, lebar dan tinggi 60 cm
2. Apabila wadah yang digunakan adalah wadah berbentuk persegi tiga, maka panjang ketiga sisinya adalah 2 ½ dziro’ (120 cm) dan kedalamannya adalah 2 dziro’ (96 cm)
3. Apabila wadah yang digunakan berbentuk lingkaran maka lebarnya adalah 1 Dziro’ dan dalamnya 2 ½ Dziro’. (1 dziro’ = 48 cm)
Kedua : melihat pada isinya.
Menurut Imam Nawawi : kurang lebih 55,9 CM = 174,58 Liter
Menurut Imam Ar Rofii : kurang lebih 56,1 CM = 176,245 Liter
Menurut Ulama Iraq : kurang lebih 63,4 CM = 255,325 Liter
Mayoritas Ulama : kurang lebih 60 CM = 216 Liter
Menurut Versi keterangan dalam kitab Fathul Qodir karya Kh. M Makshum Ali adalah 174,58 liter
Menurut keterangan dalam kitab Ghoyatul Muna Syarah Safinatun Naja karya Syaikh Muhammad bin Ali Ba ‘Athiyyah 216 liter
Menurut keterangan dalam kitab At-Taqrirot As-Sadidah adalah 217 liter.
Menurut keterangan dalam kitab Al Fiqhul Islami Wa Adillatuh karya Syaikh Dr. Wahabah Az-Zuhaili, adalah 270 liter.
Wallahu A’lam
تحفة المحتاج ج ١ ص ١٠٠
وَالْقُلَّتَانِ) بِالْمِسَاحَةِ فِي الْمُرَبَّعِ ذِرَاعٌ وَرُبْعٌ طُولًا وَمِثْلُهُ عَرْضًا وَمِثْلُهُ عُمْقًا بِذِرَاعِ الْآدَمِيِّ وَهُوَ شِبْرَانِ تَقْرِيبًا وَمَجْمُوعُ ذَلِكَ مِائَةٌ وَخَمْسَةٌ وَعِشْرُونَ رُبْعًا عَلَى إشْكَالٍ حِسَابِيٍّ فِيهِ بَيَّنْته مَعَ جَوَابِهِ فِي شَرْحِ الْعُبَابِ وَهِيَ الْمِيزَانُ فَلِكُلِّ رُبْعِ ذِرَاعٍ أَرْبَعَةُ أَرْطَالٍ لَكِنْ عَلَى مُرَجَّحِ الْمُصَنِّفِ فِي رِطْلِ بَغْدَادَ
حاشية الشرواني ج ١ ص ١٠٠
ثُمَّ الظَّاهِرُ أَنَّ مَا ذُكِرَ عَنْ زَوَائِدِ الرَّوْضَةِ جَرَى فِيهِ عَلَى مُخْتَارِهِ فِي رِطْلِ بَغْدَادَ وَهُوَ مِائَةٌ وَثَمَانِيَةٌ وَعِشْرُونَ دِرْهَمًا وَأَرْبَعَةُ أَسْبَاعِ دِرْهَمٍ أَمَّا عَلَى مُخْتَارِ الرَّافِعِيِّ فِيهِ وَهُوَ مِائَةٌ وَثَلَاثُونَ دِرْهَمًا
غاية المنى شرح سفينة النجا ص ١٦١
ﻭﻫﻤﺎ – ﺃﻱ : ﺍﻟﻘﻠﺘﺎﻥ – ﺑﺎﻟﻤﺴﺎﺣﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺮﺑﻊ : ﺫﺭﺍﻉ ﻭﺭﺑﻊ ﻃﻮﻻ ﻭﻋﺮﺿﺎ ﻭﻋﻤﻘﺎﻭﻓﻲ ﺍﻟﻤﺜﻠﺚ : ﺫﺭﺍﻋﺎﻥ ﻭﻧﺼﻒ ﻃﻮﻻ – ﺃﻱ : ﻷﺿﻼﻋﻪ ﺍﻟﺜﺎﻟﺜﺔ – ﻭﺫﺭﺍﻋﺎﻥ ﻋﻤﻘﺎ ﻭﻓﻲ ﺍﻟﻤﺪﻭﺭ : ﺫﺭﺍﻋﺎﻥ ﻭﻧﺼﻒ ﻋﻤﻘﺎ ﻭﺫﺭﺍﻉ ﻋﺮﺿﺎ. ﻭﺍﻟﺬﺭﺍﻉ ﺷﺒﺮﺍﻥ ﻣﻦ ﻣﻌﺘﺪﻝ ﺍﻟﺨﻠﻘﺔ . ﻭﻣﻘﺪﺍﺭﻩ ﺑﺎﻟﻤﻘﺎﻳﻴﺲ ﺍﻟﺤﺪﻳﺜﺔ ﺛﻤﺎﻧﻴﺔ ﻭﺃﺭﺑﻌﻮﻥ ﺳﻨﺘﻴﻤﺘﺮﺍ ﻭﺍﻟﻘﻠﺘﺎﻥ ﺑﺎﻟﻠﺘﺮ ﺗﺴﺎﻭﻳﺎﻥ ﻣﺌﺘﻴﻦ ﻭﺳﺘﺔ ﻋﺸﺮ ﻟﺘﺮﺍ
التقريرات السديدة ص ٦٢
ﻭﺍﻟﻘﻠﺘﺎﻥ ﻟﻐﺔ : ﺍﻟﺠﺮﻳﺎﻥ ﺍﻟﻌﻈﻴﻤﺎﻥ – ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝ – ﻭﺑﺎﻟﻤﻘﺎﻳﻴﺲ ﺍﻟﺤﺪﻳﺜﺔ ( 217 ) ﻟﺘﺮﺍ ﺗﻘﺮﻳﺒﺎ
الفقه الإسلامي وادلته ج ١ ص ٢٧٣
ﻭﺍﻟﻘﻠﺘﺎﻥ : ﺧﻤﺲ ﻣﺌﺔ ﺭﻃﻞ ﺑﻐﺪﺍﺩﻱ ﺗﻘﺮﻳﺒﺎ ( 500 ) ﻭﺑﺎﻟﻤﺼﺮﻱ ( 446 ﻭ /7 3 ) ﺭﻃﻼ ( 2 ) ﻭﺑﺎﻟﺸﺎﻣﻲ ( 81 ) ﺭﻃﻼ، ﻭﺍﻟﺮﻃﻞ ﺍﻟﺸﺎﻣﻲ : ( 2 ﻭ 1 /2 ) ﻛﻎ ﻓﻴﻜﻮﻥ ﻗﺪﺭﻫﻤﺎ ( 112، 195 ﻛﻎ ) ﻭﺗﺴﺎﻭﻱ ( 10 ) ﺗﻨﻜﺎﺕ ( ﺻﻔﺎﻳﺢ ) ﻭﻗﻴﻞ : ( 15 ) ﺗﻨﻜﺔ ﺃﻭ ( 270 ) ﻟﺘﺮﺍ
[Ustadz Ali Mustofa, Staff Pengajar Pondok Pesantren Riyadhul Jannah Surakarta]
Ingin bertanya permasalahan Agama? Kirimkan pertanyaan Anda kepada Tim Asatidz Tafaqquh Nyantri Yuk, klik http://tanya.nyantriyuk.id