Pertanyaan: Apakah puasa di hari yang disunnahkan berpuasa itu boleh sambil diniati Qodho puasa wajb? Lalu yang sah yang puasa sunnah saja atau yang wajib saja atau apakah sah kedua-duanya?
Jawaban:
الْحَمْدُ للهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالاَهُ
Bolehkah menggabung niat puasa qadla’ puasa dengan puasa sunnah?
Maka dalam menanggapi pertanyaan yang telah diutarakan oleh sahabat kita di atas, kami memberikan jawaban sebagai berikut:
Imam Zakariya Ibnu Muhammad Ibnu Ahmad Ibnu Zakariya Al Anshari; Abu Yahya di dalam kitabnya Fathu Al Wahab mengutip pernyataan Imam Nawawi didalam kitab Al Majmu’ yang menyatakan bahwa seyogyanya disyaratkan untuk menentukan pelaksanaan puasa sunnah yang seperti halnya puasa Arafah, puasa tanggal sepuluh Muharram, enam hari di bulan Syawal sebagaimana menentukan shalat sunnah rawatib. Dan aku (Imam Zakariya) menjawab bahwa sesungguhnya melaksanakan puasa pada hari-hari tersebut adalah seperti halnya melaksanakan shalat sunnah rawatib. Bahkan jika niatnya dikombinasikan dengan puasa yang lain, maka kedua puasa yang diniatkan adalah sah dan telah berhasil. Sebagaimana berhasilnya shalat Tahiyyah Al Masjid dengan melaksanakan shalat yang lain.
Dari uraian tersebut di atas, dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa mengkombinasikan puasa qadla’ puasa dengan puasa sunnah adalah diperinci sebagai berikut:
- Jika mengganti (qadla’) puasa dilakukan bertepatan dengan dianjurkannya melaksanakan puasa seperti pada hari Arafah, tanggal sepuluh Muharram, hari Senin dan Kkamis dengan mengkombinasikan niat, maka puasa yang dilakukan adalah sah dengan dua pahala.
- Menurut Imam Al Barizi, mengganti (qadla’) puasa yang dilakukan bertepatan dengan diajurkannya melaksanakan puasa seperti pada hari Arafah, tanggal sepuluh Muharram, hari Senin dan Kamis dengan niat mengganti (qadla’) puasa saja, maka puasa yang dilakukan adalah sah dengan dua pahala.
- Jika mengganti (qadla’) puasa dilakukan bertepatan dengan dianjurkannya melaksanakan puasa enam hari di bulan Syawal, maka Ulama’ berbeda pandangan sebagaimana berikut:
- Menurut mayoritas Ulama’ dari kalangan madzhab Syafi’i, mengganti (qadla’) puasa yang dilakukan bertepatan dengan dianjurkannya melaksanakan puasa enam hari di bulan Syawal dengan mengkombinasikan niat adalah sah dengan dua pahala.
- Menurut Imam Abu Makhramah, mengganti (qadla’) puasa yang dilakukan bertepatan dengan dianjurkannya melaksanakan puasa enam hari di bulan Syawal dengan mengkombinasikan niat adalah tidak sah. Wallahu a’lam bis shawab.
Referensi:
( وتعيينه ) أي الفرض قال في المجموع وينبغي اشتراط التعيين في الصوم الراتب كعرفة وعاشوراء وأيام البيض وستة من شوال كرواتب الصلاة وأجيب بأن الصوم في الأيام المذكورة منصرف إليها بل لو نوى به غيرها حصلت أيضا كتحية المسجد لأن المقصود وجوب صوم فيها . فتح الوهاب . الجز 1. صفحة 206
ولو صام في شوال قضاء أو نذرا أو غيرهما أو في نحو يوم عاشوراء حصل له ثواب تطوعها كما أفتى به الوالد رحمه الله تعالى تبعا للبارزي والأصفوني والناشري والفقيه علي بن صالح الحضرمي وغيرهم لكن لا يحصل له الثواب الكامل المرتب على المطلوب لا سيما من فاته رمضان وصام عنه شوالا لأنه لم يصدق عليه المعنى المتقدم . نهاية المحتاج . الجز 3. صفحة 208.
(مسألة: ك): ظاهر حديث: «وأتبعه ستاً من شوّال» وغيره من الأحاديث عدم حصول الست إذا نواها مع قضاء رمضان، لكن صرح ابن حجر بحصول أصل الثواب لإكماله إذا نواها كغيرها من عرفة وعاشوراء، بل رجح (م ر) حصول أصل ثواب سائر التطوعات مع الفرض وإن لم ينوها، ما لم يصرفه عنها صارف، كأن قضى رمضان في شوّال، وقصد قضاء الست من ذي القعدة، ويسنّ صوم الست وإن أفطر رمضان اهـ. قلت: واعتمد أبو مخرمة تبعاً للسمهودي عدم حصول واحد منهما إذا نواهما معاً، كما لو نوى الظهر وسنتها، بل رجح أبو مخرمة عدم صحة صوم الست لمن عليه قضاء رمضان مطلقاً . بغية المسترشدين . الجز 1. صفحة 113-114
Oleh: Sayyid Alwi bin Ali Alhabsyi, Pengasuh Pondok Pesantren Riyadhul Jannah Surakarta.
Ingin bertanya permasalahan Agama? Kirimkan pertanyaan Anda kepada Tim Asatidz Tafaqquh Nyantri Yuk, klik http://tanya.nyantriyuk.id