NASAB BELIAU
Al Habib As Sayyid Hasan bin Al Imam Al ‘Allamah Syaikhul islam Al Habib Al Quthub Abdullah bin Umar bin Ahmad bin Umar bin Ahmad bin Umar bin Ahmad bin Ali bin Husein bin Muhammad bin Ahmad bin Umar bin Alawy Asy Syathiri bin Al Faqih Ali bin Al Qhodi Ahmad bin Muhammad Asadullah fi ardih bin Hasan At Turobi bin Ali bin Al Ustadz Al A’zom Al Faqih Muqoddam Muhammad bin Ali bin Muhammad shohib Mirbath bin Ali Kholi’ qosam bin Alawy bin Muhammad maula as Som’ah bin Alawy maula Sumul bin Ubaidillah bin Al Muhajir ilallah Ahmad bin Isa Arrumi bin Muhammad An Naqib bin Ali Al ‘Uraidli bin Ja’far As Shodiq bin Muhammad Al Baqir bin Al Imam As Sajjaad Ali Zainal Abidin bin Al Imam Husaein bin Al Imam Ali bin Abi Tholib Putra dari sayyidatina Fatimah Az Zahra putri Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam
KELAHIRAN BELIAU
Al Habib Hasan dilahirkan di kota Tarim Hadromaut Yaman Selatan pada tanggal 7 Jumadi ts Tsaniah 1346 H. Beberapa saat setelah kelahirannya, ketika kakek beliau dari jalur ibunya Al Habib Abdurrahman bin Muhammad Al Haddad hendak memberinya nama beliau berkata ” Hasan memiliki sirr (rahasia keagungan) Syekh Abu Bakar As Sakran”. Beliau tumbuh dan dibesarkan dikota Tarim, sejak kecil telah diasuh dan dibimbing oleh ayahnya dengan didikan islami di tempat yang lingkungannya sangat baik dan dikawasan pergaulan yang suasananya sangat kental dengan nuansa keilmuan yang penuh dengan keberkahan dizaman yang tampak jelas dinaungi oleh para sholihin dan ulama besar serta terkenal yang mahir dalam bidang ilmu sehingga pada umur yang masih cukup muda yaitu 11 th beliau telah menghapal al Quran seluruhnya, dan beliau banyak mempelajari aneka bidang ilmu seperti: Tafsir Al Quran, Hadits An Nabi Shallallahu alaihi wa Sallam, Fiqh Syafi’i, Nahwu (Kaidah Bahasa Arab), Tasawwuf dan lain sebagainya.
PENDIDIKAN BELIAU
Beliau ( Al Habib Hasan ) banyak menimba ilmu dari banyak guru (masyayikh) dizamannya, baik di kota Tarim ataupun yang lainnya dan kebanyakan dari guru-guru beliau adalah para murid utama ayahanda beliau yaitu Al Imam Al ‘Allamah Syaikhul islam Al Habib Al Qutub Abdullah Asy Syathiri yang merupakan salah seorang Syaikhul Ulama (gurunya para guru) dinegri Hadromaut pengasuh Rubat Tarim yang dengan keberkahan ilmunya telah mencetak lebih dari 13.000 ulama yang tersebar keseluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.
Al Habib Hasan menimba ilmu dari ayahandanya Al Habib Abdullah Bin Umar Asy-syathiri, serta maha guru beliau Al Arifbillah Al Quthb Al Muhab Al Habib Alwi Bin Muhammad Bin Syahab. Selain itu Al marhum Al Habib Hasan juga sempat beruru kepada Murid Murid senior ayahanda beliau, antara lain syeikh Mahfuzh Bin Ustman, Syeikh Umar ‘Awadh Haddad dan Syeikh Salin bukair ba ghaitsan. Saat Habib Hasan masih berusia 14 tahun, ayahandanya wafat. Namun, sebelum sang ayah wafat, Habib Hasan sering ditunjuk untuk menggantikan ayahnya sebagai imam sholat 5 waktu di masjid Babtneh. Ayah beliau dan para ulama di zamannya berada di belakang sebagai makmum. Ini merupakan isyarat bahwa beliau akan menjadi pemegang maqom sang ayah.
DIDIKAN AYAH BELIAU
Dalam asuhan dan didikan ayahandanya yang sangat disiplin, beliau acapkali diajak menghadiri majlis – majlis ilmu dan di setiap penghujung malam beliau diajak ayahandanya pergi ke masjid-masjid Tarim yang berjumlah kurang lebih 360 masjid guna melaksakan qiyam lail ( Sholat sunnah dimalam hari ), dan berziarah ke Zanbal makam Auliya’ dan ‘Inat makam Syeikh Abu Bakar bin Salim. Setiap kali berziarah kemakam Syekh Abu Bakar bin Salim, Al Habib Abdullah bin Umar Asy Syathiri selalu berkata : ” Wahai Syeikh Abu Bakar, sungguh aku telah mendidik dan membimbing putramu Hasan bin Ismail, karena itu kumohon didik dan bimbinglah putraku Hasan”. Tatkala ajal ayahandanya Al Habib Abdullah bin Umar Asy Syathiri telah dekat dan usia beliau ( Al Habib Hasan ) kala itu sekitar 14 tahun, ayahandanya ( Al Habib Abdullah bin Umar Asy Syathiri ) mengumpulkan seluruh anggota keluarganya seraya berwasiat “Wahai Mahdi… aku serahkan padamu tanggung jawab kepemimpinan Rubath ini. Wahai Hasan… dan aku serahkan tanggung jawab kepemimpinan Rubath ini setelah kakakmu Mahdi dan jangan pernah kau tinggalkan Al Quran”.
Ayahandanya ( Al Habib Abdullah bin Umar Asy Syathiri ) wafat tatkata Al Habib Hasan sedang mempelajari Tafsir darinya, ketika itu beliau sampai pada tafsir ayat Al Qur’an yang berbunyi :
اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًاۗ ٣ ( الماۤئدة/5: 3)
Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamamu.. (Al-Ma’idah/ 5:3)
Demikianlah isyarat kesempurnaan ilmu beliau yang tersirat lewat ayat tersebut, sebagaimana turunnya ayat ini sebagai tanda telah sempurnanya da’wah Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam pada Haji Wada’.
BERGURU KEPADA HABIB ALWY BIN ABDULLAH SYAHAB
Kemudian beliau ( Al Habib Hasan Asy Syathiri ) berguru secara khusus kepada Al Imam Al Arif billah Al Habib Al Muhab Al Quthub Alawy bin Abdillah bin Syahab yang memiliki julukan ‘Ain Tarim ( Matanya kota Tarim) sosok berkarisma dan memiliki wibawa serta tegas dalam berkata. Sepenuh jiwa beliau serahkan dirinya kepada Al Habib Alawy guna dididik dan dibina, beliaupun menyambutnya dengan penuh perhatian dan pendidikan yang tiada henti, mengajarkannya cara melatih, mengembangkan dan mengolah jiwa serta bagaimana mematikan sisi buruk jiwa manusia, sehingga mencapai kedudukan Nafs Muthma-innah ( jiwa yang tenang ) guna menjalin keharmonisan dunia dan akhirat.
Beliau sangat menjaga adab ketika duduk dimajlis – majlis ilmu terkhusus dihadapan guru besar beliau Al Habib Alawy bin Abdillah bin Syahab, tidaklah beliau pernah mengangkat kepala beliau, seakan-akan terdapat seekor burung di atas kepalanya, bahkan tidaklah pernah terdengar hembusan nafasnya, hal tersebutlah yang membuat Al habib Alawy bin Syahab begitu sayang terhadap beliau. Pernah satu ketika Al Habib Alawy memuji Beliau ( Al Habib Hasan AsyS-yathiri ) dengan mengatakan kepada rekan-rekannya:” Hasan bin Abdullah Asy Syathiri adalah putra ruhku”, dan ketika di depan Al Habib Alawy beliau kehabisan suara tatkala sedang membacakan qosidah, Al Habib Alawy berkata: ” Dia perlu diberi gula, tetapi gulanya harus langsung dari Al Faqih Muqoddam”.
Dan dengan perintah serta isyarat dari Al Habib Alawy lah beliau memimpin majlis-majlis ilmu yang dihadiri oleh para Mufti dan Ulama, pada ketika itu beliau masih berusia 17 tahun usia yang sangat muda untuk memimpin majlis yang dihadiri para mufti dan ulama. Dan sungguh merupakan anugrah yang Allah berikan kepada beliau, tatkala beberapa saat sebelum gurunya ( Al habib Alawy bin Abdillah bin Syahab ) wafat, Beliau ( Al Habib Hasan AsySyathiri ) ketika itu dalam keadaan tertidur sedangkan Al Habib Alawy berada di rumahnya .
Dalam tidurnya Beliau ( Al Habib Hasan Asy-Syathiri ) bermimpi melihat Al Habib Alawy tengah duduk diatas pembaringannya, lalu Al Habib Alawy berkata: “Wahai Hasan…aku akan bangkit dari tempat ini, dan sekarang duduklah engkau ditempatku ini”. Setelah itu Beliau ( Al Habib Hasan Asy-Syathiri ) terbangun dari tidurnya dan beliau mendengar berita duka wafatnya Al Habib Alawy bin Syahab, dan dari mimpinya tersebut beliau menyadari betul bahwa beliaulah khalifah (pengganti) pelanjut Al Habib Alawy dalam menjaga amanah peradaban kota Tarim. Hal tersebut beliau buktikan dengan tegasnya beliau dalam menentang masuknya paham- paham atau tradisi-tradisi baru yang merubah apa yang telah ditetapkan dan di lestarikan oleh para leluhurnya, dengan penuh wibawa dan ketawadluan beliau mengatakan : “Ini bukan kota ku, ini kota sayyid Faqih Muqoddam, kota para leluhurku, kita tidak berhak merubahnya, jika aku merusaknya dengan merubah tradisi mereka, maka sungguh aku malu berjumpa mereka ketika aku kembali nanti”.
GURU-GURU BELIAU
Dan diantara guru – guru beliau ( Al Habib Hasan ) selain ayahandanya adalah :
- Al Imam Al Arif billah Al Habib Al Muhab Al Quthub Alwy bin Abdillah bin Syahab (w. 1386 H)
- Al Imam Al Arif billah Al habib Al Quthub Ja’far bin Ahmad Al Aydrus (w 1396 H)
- Asy Syaikhul ‘Allaamah Mahfudz bin Utsman Az Zabidi
- As Syaikhul ‘Allaamah Salim bin Sa’id Bukayyir Baa Ghoitsan (w. 1386 H)
- Al Imam Al ‘Allamah Al Muhaddits Diyar Haromain As Sayid Alawy bin ‘Abbas Al Maliki Makki Al Hasani (w. 1391 H)
- Al Imam Al ‘Allamah Asy Syahid Al habib Muhammad bin Salim bin Hafiidz bin Syeikh Abu bakar bin Salim (w. 1392 H)
- Al Habib Al ‘Allamah Umar bin ‘Alawy Al-Kaff (w. 1412 H)
- Asy Syeikh Umar bin ‘Awad Al Haddad
Dan masih banyak lagi guru-guru beliau dan para musnid dan mujiz yang memberikan berbagai macam sanad serta ijazah kepada beliau yang tidak kami sebutkan dalam biografi ( manaqib ) singkat ini.
MENGAJAR DI USIA YANG MUDA
Ketika usia 17 tahun, Habib Hasan sudah mengajar di Rubath Tarim serta tampil di depan memimpim Madras ‘Am (pengajian umum) di Rubath Tarim setiap Rabu dan Sabtu. Setelah ayahandanya wafat, kemudian disusul kakaknya, Habib Muhammad Al-Mahdi wafat, maka praktis beliaulah yang memimpin Rubath Tarim dengan didampingi guru senior, seperti Habib Alwi Syihab, dan dikemudian hari juga didampingi adik beliau, Habib Salim bin Abdullah Asy-Syatiri
MURID-MURID BELIAU
- Habib Husein bin Muhammad Al-Haddar, Mufti kota Al-Baidho’ Yaman;
- Habib Umar bin Muhammad bin Hafizh BSA, pendiri Darul Musthafa Hadramaut;
- Habib Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Abdullah Al-Attas (Pekalongan);
- Habib Abdullah bin Alwi “Mufti” Johor Al-Haddad;
- Sayyid Mahdi bin al-Habib Abdullah Syami Al-Attas (Jakarta),
- almarhum Prof Dr Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki (Makkah), dan lainnya.
DAKWAH BELIAU
Penyebaran ilmu dan dakwah beliau bukan tanpa rintangan, Rubath Tarim ditutup oleh pemerintahan komunis pada tahun 1401 H. Maka Habib Hasan pindah ke Haramain dan menetap di kota Makkah kurang lebih 3 tahun sambil berdakwah di Abu Dhabi, sampai kemudian menetap di Abu Dhabi, sekalipun demikian beliau tetap mengajar di Masjidil Haram-Makkah.
Setelah perang dunia kedua beliau masuk ke Indonesia dan menetap selama kurang lebih 5 bulan di kediaman salah satu murid kesayangan beliau di Bilangan Asembaris-Kebon Baru Tebet Jakarta Selatan. Selama di Indonesia beliau sempat berdakwah di Jakarta, Sukabumi, Bogor, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang, Surabaya, Pasuruan, Purwakarta, Bondowoso dan Banjarmasin.
Habib Hasan kembali ke Tarim setelah berubahnya undang-undang hukum di Yaman. Kemudian bersama saudaranya, Habib Salim dan para muridnya, beliau pun membuka kembali Rubath Tarim pada tahun 1412 H dan kegiatan belajar-mengajar di Rubath Tarim kembali berlangsung seperti sedia kala.
Dalam menyampaikan ilmu pengetahuan dan berda’wah beliau sangat berpegang dengan metode para salafus soleh. Hasil dari metode tersebut sangat bermanfaat bagi para pelajar, para ulama dan masyarakat umum. Dalam metode tersebut, para pelajar membaca kitab tertentu di hadapan guru, kemudian guru menjelaskan kata perkata dari setiap ibarat-ibarat kitab beserta contohnya, serta menaikkan pelajaran yang telah ditetapkan dengan melihat kemampuan para pelajar.
Beliau selalu menekankan kepada para pelajar agar mementingkan ilmu syari’at, terutama fiqih dan bahasa Arab baik dengan menghafal, mempelajari, memahami untuk kemudian menyebarluaskannya.
TELADAN BELIAU
Habib Hasan merupakan sisa-sisa orang salaf, panutan bagi orang-orang sekarang baik dalam akhlak, suluk, ilmu dan amal. Beliau selalu menjaga fardu dan ibadah-ibadah sunnah dan menampakkan kecintaan pada Nabi dengan mengikuti sunnah beliau Shallallahu alaihi wa Sallam dalam masalah ibadah, muamalah dan suluk. Orang yang baru pertama kali melihatnya akan gemetar, pandangan beliau tajam dan firasatnya tepat. Dari wajahnya memancar cahaya kakeknya, Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam serta cahaya ilmu dan takwa. Namun, beliau menemui semua yang datang dengan senyum yang selalu melekat di wajahnya. Inilah yang menghilangkan penghalang antara beliau dengan tamunya, sehingga orang yang hadir merasa seakan-akan telah akrab dengannya bertahun tahun. Beliau juga dikenal sangat tawadlu’, menjauhi ketenaran dan sempurna kasih sayangnya terhadap anak kecil maupun orang dewasa.
Banyak guru-guru Habib Hasan yang mengisyaratkan bahwa beliau akan mendapat maqom tinggi, diantaranya, Habib Ja’far bin Ahmad Alaydrus, beliau berkata “Hasan bin Abdullah adalah Kholifah salaf di Tarim, dan Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf adalah Kholifah salaf di Seiwun.“ Habib Ja’far juga memberi julukan Habib Hasan sebagai “Malikul Qulub“ (Raja pemilik sanubari). Habib Alwi bin Syahab, guru utama Habib Hasan berkata, “Dua orang semenjak dulu telah dicintai oleh Allah SWT: Hasan bin Abdullah As-Syatiri dan Ahmad bin Alwi bin Ali Al Habsyi.” Sekalipun demikian, dihadapan para gurunya, Habib Hasan tidak pernah mengangkat kepala, seakan akan di atas kepala beliau terdapat seekor burung.
Beliau adalah pendidik jiwa orang-orang yang menuju Allah, Allah telah memberi Habib Hasan keistimewaan-keistimewaan besar yang tidak dimiliki oleh ulama-ulama lainnya. Di antaranya, firasat yang tepat dan tajam, berani menyampaikan nasehat dan berucap dengan yang haq, tak segan segan beliau menegur muridnya yang tidak bersiwak atau sholat duha kurang dari 8 rakaat.
WAFAT DI BULAN MULIA
Pada waktu Dzuhur hari Jum’at, 11 Rabi’ul Awwal 1425 H / 30 April 2004 Allah memanggil kekasih-Nya, Al-Habib Hasan wafat tepat ketika adzan jum’at berkumandang di Abu Dhobi. Beliau wafat di rumah putranya, Sayyid Muhammad bin Hasan Assyathiri. Allah telah memilihkan untuk beliau hari dan bulan yang mulia bagi kepergiannya: Hari Jum’at yang penuh dengan keberkahan dan Bulan Rabi’ An-Nabawi yang dipenuhi cahaya. Beliau meninggal dunia pada saat umat Islam sangat membutuhkan keberadaannya. Para ulama besar dan orang-orang shaleh yang saat itu berada di Abu Dhobi untuk menghadiri acara Maulid Nabi Shallallahu alaihi wa Sallam segera berdatangan ke rumah Sayyid Muhammad untuk mensholatkan beliau, diantaranya: Murid beliau Al-Imam As-Sayyid Prof. Dr. Muhammad bin Alawi Al-Maliki, beliau sempat menjenguk untuk mendapat wasiat pada malam terakhir; Sayyid Ali bin Abdurrahman Al-Hasyimi Al-Hasani, Habib Umar bin Muhammad bin Hafidh, Syekh Isa bin Abdullah bin Mani’ Al-Himyari, As-Sayyid Abdullah bin Ahmad Al-Aidrus serta para masyayikh, orang-orang mulia, para kerabat, murid-murid dan para pecinta beliau yang sangat banyak.
Ucapan duka cita, pujian, baik yang berbentuk sya’ir ataupun teks tulisan berdatangan ke rumah putra Beliau. Sesuai wasiat Habib Hasan, pada Dhuhur keesokan harinya jenazah beliau dipindahkan menuju Kota Tarim untuk dimakamkan di sisi para leluhurnya yang shaleh, diantara kedua orang tua dan guru-gurunya.
Dan selepas Ashar 12 Rabi’ul Awwal 1425 H jenazah Habib Hasan disholatkan untuk kedua kalinya di “Jabbanah Tarim”, tempat mensholatkan jenazah yang terkenal di dekat pemakaman Furait. Sholat jenazah diimami oleh putra beliau, Sayyid Muhammad bin Hasan As-Syathiri. Para ulama’, sholihin, para santri, dan segenap penduduk dari berbagai kota dan desa di Yaman berdatangan bak lautan manusia memadati kota Tarim. Mereka berduyun-duyun datang untuk mengucapkan selamat jalan kepada orang alim Yaman, pembimbing Yaman, bahkan orang tua penduduk Yaman. Diiringi tangis dan kesedihan yang mendalam dari kota Tarim dan belasan ribu orang, jenazah Habib Hasan yang suci dimakamkan di sisi Ayah beliau, Al-lmam Abdullah bin Umar As-Syathiri di pemakaman “Zambal”.
Adapun yang mendapat kemuliaan untuk menurunkan jasad beliau yang suci ke dalam liang lahad adalah Habib Abdurrahman bin Syaikh Alattas, salah satu murid utama beliau dan yang sengaja khusus datang dari Jakarta untuk mensholatkan dan memasukkan Habib Hasan ke dalam tempat peristirahatannya serta men-talqin-kannya sesuai wasiat Habib Hasan sendiri.
Dan dengan seizin Allah setelah jasad beliau dimasukkan ke dalam liang lahad maka suara adzan maghrib secara serentak berkumandang lewat corong pengeras suara dari masjid-masjid di kota Tarim bersamaan lantunan adzan yang dikumandangkan oleh Habib Abdurrahman sebagai tanda melepas kepergian perjalanan manusia mulia yang telah dipilih oleh Dzat yang Maha Mulia untuk ditempatkan di tempat yang lebih mulia di sisi-Nya bersama orang tua, guru dan orang-orang yang dicintainya, serta segenap leluhurnya. Mudah-mudahan Allah Ta’ala selalu berkenan memberikan kepada anak keturunannya, para murid dan orang-orang yang mencintainya dengan apa yang telah Allah berikan kepada Al Habib Hasan dan para leluhurnya. Amin.
REFERENSI
- https://sites.google.com/site/pustakapejaten/manaqib-biografi/habaib/al-habib-hasan-bin-abdullah-asy-syatiri
- http://www.cahayanabawiy.com/sejaraj-habaib-dan-ulama/habib-hasan-bin-abdullah-as-syathiri/
Ingin bertanya permasalahan Agama? Kirimkan pertanyaan Anda kepada Tim Asatidz Tafaqquh Nyantri Yuk, klik http://tanya.nyantriyuk.id