MANAQIB HABIB ABDULLAH BIN ALWY AL HADDAD (SAHIBUR-RATIB)
BELIAU ADALAH:
- Salah satu Wali yang menduduki Maqam al-Ghauts dalam kurun waktu terpanjang.
- Seorang Wali dengan akhlaq salaf namun dilahirkan dalam zaman Khalaf.
- Beliau adalah berlian dan mahkotanya Saadah ALAWI.
Imam Abdullah bin Alwi Al-Haddad adalah seorang ulama besar dengan mata rantai keilmuan yang bersambung pada guru-guru beliau sampai kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa Sallam. Bahkan, bukan hanya sanad ilmu, sanad nasab beliau juga bersambung kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa Sallam.
Salah satu Guru beliau adalah Al-Imam Habib Umar bin Abdurrahman Al-Attas (Penyusun Ratib Al-Atthas). Ketika itu, banyak murid yang berebut untuk berguru kepada Habib Umar. Namun, yang disambut oleh Al-Habib Umar adalah Habib Abdullah Al-Haddad kecil. Beliau berbeda dengan yang lain di hadapan sang guru. Saat yang lain sibuk mencari, ia malah dicari. Saat yang lain sibuk mencintai, ia malah telah dicintai. Sungguh kedudukan beliau sangat luar biasa.
MUJAHADAH BELIAU:
Beliau mendapatkan kemuliaan ini tidak dengan cuma-cuma, melainkan dengan mujahadah yang sangat berat. Diceritakan, diawal mencari ilmu, setelah salat subuh, beliau bertadarrus Alqur’an. Kemudian, berkelilinglah beliau ke masjid-masjid kota Tarim untuk melakukan salat sunnah sampai sekitar 200 raka’at. Tidak lupa, beliau juga berkhidmah kepada kaum muslimin dengan mengisi bak-bak air di kamar mandi masjid supaya orang yang akan berwudlu tidak perlu mengambil air lagi dari sumur. Beliau bukan melakukannya sekali, tetapi setiap hari. Demikianlah hidup beliau dipenuhi dengan amal-amal yang dicintai Allah Subhaanahu wa Ta’ala.
Waktu muda beliau dihabiskan untuk mencari ilmu. Beliau radliyallahu anhu berkata, “Apa kalian kira aku mencapai ini dengan santai? Tidak, tahukah kalian bahwa aku berkeliling ke seluruh kota-kota (di Hadramaut) untuk menjumpai kaum shalihin, menuntut ilmu dan mengambil berkah dari mereka?” Beliau juga sangat giat dalam mengajarkan ilmu dan mendidik murid-muridnya. Banyak penuntut ilmu datang untuk belajar kepada beliau. Suatu hari beliau berkata, “Dahulu aku menuntut ilmu dari semua orang, kini sekarang semua orang menuntut ilmu dariku.” “Andaikan penghuni zaman ini mau belajar dariku, tentu akan aku tulis banyak buku mengenai makna ayat-ayat Al-Qu’ran. Namun, di hatiku ada beberapa ilmu yang tidak kutemukan orang yang mau menimbanya.”
“Apa kalian kira aku mencapai ini dengan santai? Tidak, tahukah kalian bahwa aku berkeliling ke seluruh kota-kota (di Hadramaut) untuk menjumpai kaum shalihin, menuntut ilmu dan mengambil berkah dari mereka?” – Alhabib Abdullah bin Alwi Al-Haddad
Sahabat beliau menceritakan, “Suatu hari aku berziarah bersama beliau ke makam Nabiyullôh Hud ‘alaihi as-salam. Malam itu seekor kalajengking menyengatku sehingga aku terjaga semalaman. Aku amati malam itu beliau tidak tidur, asyik beribadah sepanjang malam. Waktu kutanyakan hal itu, beliau menjawab bahwa telah tiga puluh tahun lamanya beliau berbuat demikian. Meskipun Habib Abdullah amat gemar beribadah, beliau tidak suka menceritakan atau memperlihatkan amalnya, kecuali bila keadaan sangat memaksa dan ia ingin agar amal salehnya itu diteladani.
Hidup beliau tak henti-hentinya menanggung bala’/ujian. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam, “Apabila Allah mencintai seseorang maka Allah akan menurunkan musibah/ujian baginya untuk menghapus dosa-dosanya dan mengangkat derajatnya.”
Sejak usia 4 tahun, beliau mengalami sakit yang menyebabkan kehilangan penglihatannya. Kemudian beliau juga menderita penyakit cacar yang menyerang sekujur tubuh beliau. Namun Habib Abdullah al Haddad selalu menyembunyikan berbagai bala’/cobaan yang dideritanya sampai di akhir usianya. Dalam masalah ini beliau berkata kepada seorang kawan dekatnya: “Sesungguhnya penyakit demam di tubuhku sudah ada sejak lima belas tahun yang lalu dan hingga kini masih belum meninggalkan aku, meskipun demikian tidak seorang pun yang mengetahui penyakitku ini, sampai pun keluargaku sendiri.” Ujar Habib Ali al Habsyi, “Wali quthb adalah orang yg menghimpun di dalam dirinya 3 hal: ilmu, amal, dan bala’.”
“Wali quthb adalah orang yang menghimpun di dalam dirinya 3 hal: ilmu, amal, dan bala’.” – Alhabib Ali bin Muhammad Alhabsyi
MAQAM/KEDUDUKAN BELIAU:
Imam Haddad radliyallahu anhu menjadi pemimpin para Wali (al Quthb Al-Ghauts) lebih dari 60 tahun lamanya. Beliau menerima libas atau pakaian kewalian dari al-’Arif Billah al-Habib Muhammad bin Alawi (Sahib Makkah). Beliau menerima libas tersebut tepat ketika al-Habib Muhammad bin Alawi wafat di kota Makkah pada tahun 1070 H. Pada waktu itu, usia Imam Haddad radliyallahu anhu 26 tahun. Kedudukan Wali Quthb itu beliau sandang hingga beliau wafat pada tahun 1132 H.
SANAD KEGURUAN BELIAU:
Imam Haddad berguru & memperoleh mandat (ijazah) thariqah dari Sayyid Muhammad bin Alwi Makkah dari Imam Abdullah bin Ali dari Sayyid Abdullah al-Idrus dari Sayyid Umar bin Abdullah al-Idrus dari ayahnya Abdullah al-Idrus dari ayahnya Alwi & Alwi dari saudaranya Abu Bakar al-Idrus dari ayahnya al-Idrus al-Kabir dari Syaikh Ali dari putranya Syaikh Abi Bakar as-Sakran & juga dari pamannya yaitu Syaikh Umar al-Mukhdhar dari ayah mereka Imam Abdurrahman as-Segaf dari ayahnya Syaikh Maula ad-Dawilah dari ayahnya Syaikh Ali dan pamannya Syaikh Abdullah bin Syaikh Alawi dari ayahnya Syaikh al-Faqih al-Muqaddam dari ayahnya Syaikh Alawi bin al-Faqih dari kakeknya dan terus ke Sayyidina Ali bin Abi Thalib.
SOSOK DAN POSTUR IMAM HADDAD :
Al Imam Abdullah Al Haddad memiliki perawakan yang tinggi, berdada bidang, tidak kurus juga tidak terlalu gempal, dan berkulit putih. Pribadinya sangat memancarkan wibawa. Wajahnya senantiasa manis dan menggembirakan hati orang lain di dalam majelisnya. Tertawanya sekedar senyuman manis. Apabila merasa senang dan gembira wajahnya bercahaya bagaikan bulan. Majelisnya senantiasa tenang dan penuh kehormatan sehingga tidak terdapat hadirin yang berbicara maupun bergerak-gerak. Diantara karamah yang dirasakan orang-orang yang menghadiri majelisnya, mereka seketika lupa akan kehidupan dunia, bahkan terkadang si lapar pun lupa akan kelaparannya, si sakit hilang rasa sakitnya, dan si demam sembuh dari demamnya. Ini terbukti dari tidak seorang pun yang mau meninggalkan majelisnya.
AMALIAH HARIAN IMAM HADDAD :
Di antara wirid al-Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad setiap harinya adalah kalimat “LAA ILAAHA ILLALLAH” 1000 kali. Tetapi di Bulan Ramadhan beliau baca sebanyak 2000 kali setiap harinya. Beliau menambahkan 10.000 kali pada waktu 6 hari di bulan Syawal sehingga jumlahnya menjadi genap 70.000. Selain itu, beliau mengucapkan “LAA ILAAHA ILLALLAH AL-MALIKUL HAQQUL MUBIIN” sebanyak 100 kali setiap selesai salat Dzuhur.
Imam Haddad radliyallahu anhu biasa melakukan shalat al-Awwabin sebanyak 20 rakaat, berpuasa sunnah, khususnya pada hari-hari yang dianjurkan, seperti Hari Senin dan Hari Kamis, hari-hari putih (Ayyamul baidh), Hari Asyura, Hari Arafah, enam hari di Bulan Syawal dan lain sebagainya sampai di masa senjanya.
Imam Haddad radliyallahu anhu berkata: “Kami telah mengamalkan semua sunnah dan tidak meninggalkan sedikitpun daripadanya, kecuali hanya memanjangkan rambut sampai dibawah ujung telinga, kerana Nabi Shallallahu alaihi wa Sallam memanjangkan rambutnya sampai di bawah ujung kedua telinganya.” Dan di sisa akhir hidup beliau mengalami sakit sehingga rambut beliau memanjang hingga di bawah ujung telinga. Maka sempurnalah semua sunnah Nabi telah beliau jalankan.
HALIYAH dan SIFAT BELIAU:
Habib Abdullah Al-Haddad sosok yang tawadhu’/rendah hati. Seringkali beliau menjadikan Ratib Al-Atthas karya gurunya, Habib Umar bin Abdurrahman Al-Atthas sebagai rujukan. Ketika seseorang datang minta ijazah atau izin mengamalkan Ratib Al-Haddad; beliau berkata: “Bacalah Ratib Guruku, kemudian baru Ratibku.” Ini merupakan cermin bagaimana seorang murid menghormati gurunya, meski sebenarnya karyanya yang lebih masyhur.
Beliau pribadi yang mendambakan kesendirian bersama Allah Subhaanahu wa Ta’ala. Beliau menyukai uzlah/menyepi untuk beribadah dan bermunajat kepada Allah Subhaanahu wa Ta’ala daripada berkumpul dan bergaul dengzn selain-Nya. Beliau bergaul dengan manusia adalah untuk berdakwah menyampaikan ilmu dan memberi manfaat kepada umat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa Sallam. Beliau berkata, “Sesungguhnya aku tidak ingin bercakap-cakap dengan masyarakat, aku juga tidak menyukai pembicaraan mereka, dan tidak peduli kepada siapa pun dari mereka. Sudah menjadi tabi’at dan watakku bahwa aku tidak menyukai kemegahan dan kemasyhuran. Aku lebih suka berkelana di gurun Sahara. Itulah keinginanku, itulah yang kudambakan. Namun, aku menahan diri tidak melaksanakan keinginanku agar masyarakat dapat mengambil manfaat dariku.” Beliau mengamalkan sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam :
”Orang beriman yang bergaul dengan masyarakat dan sabar menanggung gangguannya, lebih baik daripada orang yang tidak bergaul dengan masyarakat dan tidak pula sabar menghadapi gangguannya.”
Kegigihan beliau dalam mendidik dan berdakwah kepada masyarakat membuatnya digelari Quthbud Da’wah wal Irsyad. Beliau mengajarkan untuk menjaga kebersihan hati sebagai cara untuk sampai kepada Allah Subhaanahu wa Ta’ala. Beliau berkata, ”Aku tak pernah melewatkan pagi dan sore dalam keadaan benci dan iri pada seseorang!” Beliau tidak pernah bergantung pada makhluk dan selalu mencukupkan diri hanya kepada Allah Subhaanahu wa Ta’ala. Beliau berkata: “Dalam segala hal aku selalu mencukupkan diri dengan kemurahan dan karunia Allah Subhaanahu wa Ta’ala. Aku selalu menerima nafkah dari khazanah kedermawananNya.”
Beliau melihat Allah Subhaanahu wa Ta’ala sebagai satu-satunya Dzat Yang Maha Memberi. Beliau berkata, “Aku tidak pernah melihat ada yang benar-benar memberi, selain Allah Subhaanahu wa Ta’ala. Jika ada seseorang memberiku sesuatu, kebaikannya itu tidak meninggikan kedudukan-Nya di sisiku, kerana aku menganggap orang itu hanyalah perantara saja.” Beliau berada dalam keadaan yang selalu hadir bersama Allah Subhaanahu wa Ta’ala hingga menuntunnya untuk mengatakan kepada murid-muridnya, ”Jangan bertanya kepadaku terlalu banyak pertanyaan kerana aku harus mengeluarkan upaya besar untuk memusatkan perhatianku pada kalian.” Demikian khusyuknya beliau hingga beliau berharap bagi siapapun untuk tidak mengurangi perhatiannya pada Allah Subhaanahu wa Ta’ala. Beliau memerintahkan orang untuk tidak mendekatinya/mengajak berbicara ketika beliau akan pergi ke masjid.
Beliau sering berziarah kubur pada Hari Jum’at sore setelah melakukan salat Ashar di masjid al-Hujairah. Ketika ditanya mengenai hal ini beliau menjawab sebab hari Jumat bakdal asar adalah saat dimana doa tidak akan tertolak sebagaimana sabda Nabi Shallallahu alaihi wa Sallam. Beliau memiliki keterikatan yang kuat dengan Surah Yaa Sīn yang beliau baca terus-menerus setiap hari dan beliau memberikan doa pembukaan khusus. Doa yang beliau lazimkan itu kemudian dibaca masyarakat secara luas. Beliau berkata, bahwa jika beliau ragu-ragu atas keaslian sebuah hadits, maka beliau akan merujuk dan bertanya langsung kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa Sallam.
PERKATAAN PARA ULAMA TENTANG BELIAU:
Al-Arifbillah Quthbil Anfas Al-Imam Habib Umar bin Abdurrahman Al-Attas radliyallahu anhu mengatakan,
“Al-Habib Abdullah Al-Haddad ibarat pakaian yang dilipat dan baru dibuka di zaman ini, sebab beliau termasuk orang terdahulu, hanya saja ditunda kehidupan beliau demi kebahagiaan umat di zaman ini (abad ke-12 Hijriah).”
Al-Imam Arifbillah Al-Habib Ali bin Abdullah Al-Idrus radliyallahu anhu mengatakan,
“Sayyid Abdullah bin Alwy Al-Haddad adalah Sultan seluruh golongan Ba-Alawy.”
Al-Habib Hasan bin Alwy bin Awudh Bahsin radliyallahu anhu mengatakan,
“Bahwa Allah SWT telah mengumpulkan pada diri Al-Habib Al-Haddad syarat-syarat Al-Quthbaniyyah.”
Abdullah bin Abu Bakar Al-Khatib, salah seorang guru Fiqih beliau, berkata:
“Aku bersaksi bahwa Sayyidi Abdullah Al Haddad berada di maqam Sayyid ath-Thaifah Junaid al-Baghdady.”
Al-Habib Ahmad an-Naqli berkata: “
al-Habib Abdullah adalah seorang yang sangat istiqamah dalam mengikuti semua jejak kakeknya, Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam.”
Habib Ali al-Habsyi Sahibul Maulid bersyair tentang Habib Abdullah al Haddad,
فَجَمِيعُ مَنْ سَلَكَ الطَّرِيقَةَ بَعَدَهُ
مُسْتَصْبِحُونَ بِنُورِهِ الوَقَّادِ
قَرَّتْ بِهِ عَيْنُ النَّبيِّ مُحَمَّدٍ
فَهُوَ لَهُ مِنْ أَحْسَنِ الأَوْلادِ
Semua orang yang mengambil jalan setelahnya
dipandu oleh cahaya cemerlangnya.
Dia adalah penyejuk mata Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa Sallam.
Dan dia adalah salah satu yang terbaik dari anak-anaknya.
WARISAN-WARISAN BELIAU:
1. Nashoih Diniyyah
2. Da’watutammah
3. RisalatulMu’awanah
4. Fushul Ilmiyah
5. SabilulIddikar
6. Nafais ‘uluwiyah
7. Kitabul Hikam
8. Ithafus Sail
9. Risalah Adab Sulukil Murid
10. Wasoya Nafi’ah
11. ‘Aqidatul Islam
12. Almukhtar min Fatawa
13. Tuhfatul Abror
14. Diwan Haddad
15. Nahjul Haq Rosyid
16. Mukatabat Imam Haddad
17. Wasilatul Ibad.
Beliau memandu siapapun yang hendak menempuh jalan menuju Allah Subhaanahu wa Ta’ala melalui kitab-kitab beliau. Orang-orang yang mempelajari kitab-kitab beliau seolah dituntun selangkah demi selangkah mendaki tangga keluhuran. Para ulama mengatakan kitab-kitab Imam Al Haddad mujarab bagi para salikin untuk meraih futuhal arifin.
Wirid-wirid Imam AL-Haddad juga banyak menghiasi hari-hari para salihin dan kaum termulia Sa’adah Bani Alawi. Rathib al-Hadad, Wirdu al-lathif imam al-hadad, Hizb an-Nashar imam al-hadad, doa-doa bakdal salat maktubah, hampir semua sesi wiridan para Habaib dan auliya’ ada atsar imam al-Hadad disana. Maka para auliya salihin seluruhnya sesungguhnya telah mengambil anwar dan madad dari Imam Al Haddad.
Ujar Imam Arifbillah Muhammad bin Abdurrahman Madehej radliyallahu anhu “Mutiara ucapan Al-Habib Abdullah Al-Haddad merupakan obat bagi mereka yang mempunyai hati cemerlang sebab mutiara beliau segar dan baru, langsung dari Allah Subhaanahu wa Ta’ala. Sesungguhnya orang zaman sekarang tidak mampu berbuat apa-apa jika mereka tidak berhubungan (kontak hati) dengan Al-Habib Abdullah Al-Haddad sebab Allah Subhaanahu wa Ta’ala telah menghibahkan kepada beliau banyak hal yang tidak mungkin dapat diukur.”
KARAMAH-KARAMAH IMAM HADDAD :
- Ikut Perang Badr:
Beliau Habib Abdullah adalah sang Wali besar yang bahkan ikut dalam peperangan al-Badr bersama Baginda Rasululloh Shallallahu alaihi wa Sallam, meski masih hidup dalam alam arwah. Hingga suatu hari beliau ditanya bagaimana mungkin beliau memiliki bekas luka tebasan pedang dipunggung padahal beliau tidak pernah berperang, maka beliau menjawab bahwa itu adalah bekas pedang ketika beliau ikut peperangan al-Badr saat masih hidup dalam alam arwah dan diturunkan ikut membantu Baginda Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam dalam perang al-Badr. Subhanallah…
- Saat Menyusun Kitab
Dikisahkan oleh Sulthanul ‘Ilm, Al-‘Allamah Al-Habib Salim bin Al-Quthub Abdullah bin ‘Umar As-Syathiri radliyallahu anhu: Habib. Ahmad bin Zein Al-Habsyi yang merupakan murid kesayangan Sahibur Ratib Quthbul Irsyad Al-Habib Abdullah bin ‘Alawi Al-Haddad radhiyallohu ‘anhuma, pernah bertanya-tanya dalam hatinya bagamanakah al-Imamul Haddad menyusun berbagai macam kitabnya yang begitu rapih & tersusun indah sedangkan beliau adalah seorang yang tidak bisa melihat (buta).
Sebab sebelumnya, Al-Imam Al-Haddad pernah berkata kepadanya bahwa janganlah ia memasuki ruangan membaca kitab (perpustakaannya), kerana di tempat itulah beliau menyusun berbagai kitabnya. Hingga suatu saat, ketika beliau sedang menyusun kitab dengan pintu perpustakaan yang tidak tertutup rapat, tanpa sengaja al-Habib Ahmad bin Zein Al-Habsyi melewati ruangan itu, dan dilihatlah Al-Imam Al-Haddad sedang duduk bersila layaknya seorang yang sedang berdzikir, namun kitab-kitab di dalam ruangan itu sedang berterbangan layaknya burung dan pena-pena serta tintanya sedang menulis apa yang sedang difikirkan oleh Sahibur Ratib dalam menyusun kitabnya. Hal tersebut membuat gemetar tubuh al-Habib Ahmad bin Zein, sehingga ia pun jatuh pingsan kerana begitu kuatnya karamah sang guru. Namun, ketika tersadar, ia melihat gurunya berada dihadapan wajahnya seraya berkata, “Janganlah kau ceritakan kejadian ini kepada orang lain selama aku masih hidup.”
Maka al-Habib Ahmad bin Zein al-Habsyi, pun menutup mulutnya untuk tidak menyebarkan kisah yang disaksikannya sendiri itu selama gurunya masih hidup.
- Menjawab Orang Yang Meragukan Beliau:
Tiga ratus tahun yang lalu, ada seorang pria bertanya pada dirinya sendiri, “Apa hebatnya Imam Abdullah Bin Alwi Al Haddad? Dia kan hanya saorang buta. Mengapa orang-orang pergi kepada beliau?”
Ada sedikit perasaan melecehkan di dalam hatinya terhadap Imam Al Haddad, dan untuk menghilangkan rasa penasaran dan keingin tahuannya, orang itu datang berkunjung ke majelis tempat Imam Al Haddad mengajar. Dia duduk di barisan paling belakang dan memperhatikan Imam Al Haddad yang sedang mengajar di bagian depan majelis, juga dia memperhatikan keadaan di sekitarnya. Kembali timbul pertanyaan yang sama di hatinya, yang menurut dia semuanya biasa saja dan tidak ada yang istimewa dan tidak terkesan.
Di majelis itu disediakan minuman kopi. Ketika pria tersebut ingin meminum kopinya, Imam Al Haddad dari depan berkata, “Wahai engkau yang di bagian belakang, berhati-hatilah sebelum menyeruput kopi anda, kerana ada seekor lalat di dalamnya.” Ketika pria itu memperhatikan, ternyata benar, memang ada lalat dalam kopinya. Setelah kejadian itu pandangan pria tersebut terhadap Imam Al Haddad berubah. Ia pun mengakui bahwa Imam Al-Haddad bukanlah manusia sembarangan.
- Membantu Sorang Maghrabi
Dulu di Tarim Hadhramaut ada seseorang asal Maghribi yang sangat kaya, dia sedang jatuh cinta pada seorang wanita. Pada zaman itu ukir-ukiran terbaik emas dan perak adalah ukirannya Maghrabi. Akhirnya orang tersebut pergi ke Maghrabi hanya untuk memesan ukiran emas tersebut. Dipesanlah ukiran (gelang) teristimewa yang nantinya akan dipakaikan untuk melamar sang wanita pujaannya itu.
Begitu pesanan sudah jadi, diajaklah si wanita itu ke rumah orang asal Maghrabi itu. Gelang itu lalu dipakaikan ke tangan si wanita pujaan oleh ibunya. Anehnya wanita itu langsung hilang entah ke mana. Penduduk Tarim pun menjadi geger. Dicari kesana-kemari bertanya kepada orang-orang pintar pun tidak ada yang sanggup menjawab dan mencarinya. Hingga bertemulah ia dengan Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad. “Sudah, sekarang kamu pergilah kembali ke tukang yang membuat gelang itu.” Jawab Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad. Lalu pergilang orang tersebut ke Maghrabi sesuai perintah Habib Abdullah. Dan Habib Abdullah berpesan, “Tanyakan nanti, kembalikan atau tidak. Jika jawabannya tidak mau mengembalikan, tinggalkan saja dan pulanglah kembali ke Tarim.”
Sesampai di sana, ia melihat calon isterinya sedang berada di dalam ruangan saperti kurungan, tidak boleh keluar.
“Orang ini memesan gelang jauh-jauh dari Tarim kesini, pasti untuk seorang wanita yang cantik yang luar biasa,” batin tukang ukir itu saat pertama kali dipesani untuk membuatkan gelang. Pesan Habib Abdullah lalu disampaikan, dan ternyata jawaban tukang ukir tadi adalah ‘tidak mau’. Kemudian orang tersebut pun langsung pulang kembali ke Tarim.
Sesampai di Tarim ia langsung menghadap kepada Habib Abdullah al-Haddad dan menyampaikan kejadian (jawaban) di atas. “Depan rumahmu tanahnya luas apa tidak?” Tanya Habib Abdullah kemudian. Lalu dijawab iya, yang kemudian Habib Abdullah berkata, “Ya sudah, tunggu saja besok ada apa, tapi jangan kaget nantinya.”
Besoknya di waktu Subuh, begitu orang tersebut membuka pintu rumahnya ia jadi sangat kaget. Pasalnya tiba-tiba ada rumah di depan rumahnya, dan rumah itu persis saperti (modelnya) rumah orang Maghrabi tukang ukir emas itu. Begitu penghuninya keluar, setelah dilihat ternyata orang itu adalah tukang ukir asal Maghrabi itu. Sekarang yang kaget pun jadi bertambah. Si tukang ukir itu pun bertanya-tanya, “Saya ini sedang di mana, kok tiba-tiba di tempat yang asing?”
Habib Abdullah al-Haddad yang sudah datang kemudian menjawab, “Ini di Tarim, Hadharamaut. Rumahmu saya cabut pindah kesini. Kembalikan wanita itu. Kamu hanya boleh memindah satu wanita, sedangkan saya memindah rumahmu sekaligus keluargamu saya pindahkan juga ke sini. Sekarang kamu mau apa?” Akhirnya tukang ukir itu pun bertaubat, meminta maaf kepada Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad seraya mengembalikan calon si wanita itu.
- Imam Haddad Dan Pecintanya
Suatu ketika Habib Abdullah Al-Hadad bertemu dengan seseorang yang sedang mendendangkan sebuah syair mengenai hari kebangkitan dan hisab, tiba-tiba ketika pria itu melihat Habib Abdullah Al-Haddad dia langsung terdiam dari syairnya.
Maka Habib Abdullah Al-Haddad berkata padanya: “Ulangilah bait-bait syair yang kau baca tadi,” maka pria itu pun menjawab: “baik akan aku ulangi tetapi dengan syarat engkau jamin aku masuk syurga.” Habib Abdullah menjawab: “itu bukan kuasaku. Akan tetapi pintalah apa yang kau kehendaki dariku berupa sebuah harta,”ujar Habib Abdullah.
“Aku tidak mau kecuali syurga,” ujar pria itu.
Maka Habib Abdullah pun mencoba menyenangkan pria tersebut dengan berdoa pada Allah Subhaanahu wa Ta’ala agar pria itu dijadikan salah satu penduduk syurga. Dan pria itu pun akhirnya mau mengulangi bait-bait syair yang ia baca tadi.
Setelah didoakan Habib Abdullah Al-Haddad, maka pria tersebut menjadi seseorang yang sangat baik dan taat kepada Allah Subhaanahu wa Ta’ala, namun selang tidak beberapa lama sejak kejadian itu pria tersebut meninggal dan Habib Abdullah Al-Haddad pun ikut mensalati dan mengantarkan jenazahnya, hingga ketika setelah selesai mengebumikan jenazah pria itu, beliau terdiam sejenak dan tiba-tiba Habib Abdullah Al-Haddad berubah raut wajahnya terlihat menjadi sangat ketakutan, beberapa menit setelah itu raut wajah Habib Abdullah berubah kembali menjadi bahagia dan beliau pun tersenyum.
Maka orang-orang yang melihatnya bertanya pada Habib Abdullah Al-Haddad gerangan apa yg terjadi pada engkau wahai habib? Beliau pun menjawab: “sesungguhnya aku telah mendapatkan suatu ikhtibar bahwa si fulan bin fulan tadi ketika selesai kita makamkan maka telah datang kepadanya 2 malaikat dan bertanya, “siapa Tuhanmu”? Pria itu berkata: “kekasihku Habib Abdullah Al-Haddad”, jawabnya (kerana terlalu cintanya lelaki tersebut pada Habib Abdullah Al Haddad hingga tidak sadar akan pertanyaan yang diajukan padanya), lalu 2 malaikat itu terdiam dan bertanya kembali siapa Nabimu? Dijawab lagi oleh lelaki tersebut dengan jawaban yang tetap sama, “kekasihku Habib Abdullah Al-Haddad”, jawabnya.
Maka aku pun takut jikalau malaikat memukulnya, maka kerana itulah ketakutan yang sedemikian rupa, lalu tiba-tiba aku melihat ada satu malaikat lagi turun dari langit dan malaikat itu berkata kepada kedua malaikat tersebut: Jika si fulan bin fulan ini berkata: “kekasihku Habib Abdullah Al Haddad,” maka katakan padanya, “Selamat datang atas dirimu dan kekasihmu Habib Abdullah Al Haddad,” maka kerana hal itulah aku menjadi bahagia dan tersenyum.”
- Kekuatan Takbiratul Ihram Imam haddad
Pada suatu hari beliau mendapat kesempatan untuk menjadi imam salat. Maka saat memasuki salat dan beliau pun takbiratul ihram sambil baca, “Allahu Akbar” dengan kekuatan sedemikian rupa dinding mihrab masjid di depan beliau roboh.
- Tenggelamnya Kapal Beserta Seluruh Muatan
Salah satu sultan India ingin menghormati beliau dengan mengirimkan kapal yang penuh dengan emas, tetapi Imam tahu bahwa kedatangan kekayaan ini akan memiliki efek negatif pada Hadramaut dan rakyatnya. Beliau berdoa meminta Allah Subhaanahu wa Ta’ala untuk membuat kapal itu tenggelam, sementara setiap orang di atas kapal terselamatkan. Dan benarlah terjadi demikian, kapal beserta seluruh muatannya tenggelam ke dasar laut dan seluruh penumpangnya selamat.
WAFATNYA IMAM HADDAD :
Pada hari-hari terakhir hayatnya beliau sering mengangkat tangan lalu kedua-duanya diletakkan di bawah dada, saperti orang yang sedang salat. Kemudian telapak tangannya diletakkan pada lutut sambil menggenggam jari-jarinya sambil memegang tasbih, saperti orang yang bertasyahud. Kemudian tepat pada hari ke-40 dari sakitnya, ketika usia beliau memasuki 88 tahun lebih 9 bulan kurang 3 hari, pada malam selasa tanggal 7 Dzulqo’dah 1132 H/ 11 September 1720 M, Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad dengan tenang berpulang ke Rahmatullah di rumah kediamannya di Al Hawi kemudian disemayamkan di pemakaman Zanbal, Tarim, Hadramaut.
Habib Umar bin Zain bin Semith radliyallahu anhu mengatakan bahwa seseorang yang hidup sezaman dengan Al-Habib Abdullah Al-Haddad radliyallahu anhu, bermukim di Mekkah, sehari setelah Al-Habib Abdullah Al-Haddad wafat, ia memberitahukan kepada sejumlah orang bahwa semalam Habib Abdullah al Haddad radliyallahu anhu sudah wafat. Ketika ditanya darimana ia mengetahuinya, ia menjawab, “Tiap hari, siang dan malam, saya melihat Habib Abdullah Al Haddad selalu datang bertawaf mengitari Ka’bah (padahal beliau berada di Tarim, Hadhromaut). Hari ini saya tidak melihatnya lagi, kerana itulah saya mengetahui bahwa beliau sudah wafat.
KALAM BELIAU:
“Kebanyakan orang, jika tertimpa musibah penyakit atau lainnya, mereka tabah dan sabar, mereka sadar bahwa itu adalah qadha dan qadar Allah Subhaanahu wa Ta’ala. Tetapi jika diganggu orang, mereka sangat marah. Mereka lupa bahwa gangguan-gangguan itu sebenarnya juga qadha dan qadar Allah Subhaanahu wa Ta’ala, mereka lupa bahwa sesungguhnya Allah Subhaanahu wa Ta’ala hendak menguji dan menyucikan jiwa mereka.”
“Tariqah Alawiyyah berdiri atas dasar kemuliaan dan ketakwaan kepada Allah Subhaanahu wa Ta’ala. Tidak ada di zaman ini (abad 12 H) yang lebih mudah dan baik daripada Tariqah Ba’Alawy yang telah diakui oleh ulama Yaman dan disepakati oleh ulama Haramain (dua Tanah Haram–Mekkah & Madinah). Tariqah Ba’Alawy (Alawiyah) adalah Tariqah Nabawiyah.”
“Tariqah Kepemimpinan adalah tariqah kami Ba’Alawy, dan ini tariqah spesial, dan yang dimaksud tariqah kepemimpinan adalah ikut dan tunduk serta pasrahnya seorang murid terhadap jejak langkah guru yang membimbing dan menuntunnya ke jalan Allah Subhaanahu wa Ta’ala, dengan menanggalkan sementara peran akal (rasio). Sesungguhnya akal tidak berperan di dalamnya, sebab segala hal disini berdasarkan kasyf (penglihatan mata hati).”
“Ajaklah orang awam kepada syariat dengan bahasa syariat; ajaklah ahli syariat kepada tarekat (tariqah) dengan bahasa tarekat; ajaklah ahli tarekat kepada hakikat (haqiqah) dengan bahasa hakikat, ajaklah ahli hakikat kepada Al-Haq dengan bahasa Al-Haq, dan ajaklah ahlul Haq kepada Al-Haq dengan bahasa Al-Haq.”
“Mengikuti langkah-langkah ulama salaf (ulama terdahulu) akan membuahkan kebaikan yang amat besar, walaupun si pengikut bukan tergolong ahlil bathin. Tetapi jika ia berusaha menyerasikan langkahnya dengan ulama salaf, maka ia akan mendapatkan saperti apa yang didapat oleh mereka para salaf salihin.”
“Penghuni kubur dari golongan Wali Allah Subhaanahu wa Ta’ala berada di sisi Allah Subhaanahu wa Ta’ala. Barangsiapa bertawajuh kepada mereka, maka mereka langsung datang membantunya.”
“Barangsiapa yang menjalin hubungan (kontak batin) dengan kami, maka kami berikan kepadanya segala perhatian kami, kami tidak pernah melepas dan meninggalkannya walaupun dia tinggal jauh dari tempat kami. Kami tidak akan pernah melupakannya meskipun ia melupakan kami.”
“Perhatian seorang Wali setelah ia wafat terhadap kerabat dan orang-orang yang ‘bersandar’ kepadanya lebih besar dibandingkan perhatiannya terhadap mereka ketika ia hidup. Hal demikian terjadi kerana ia saat hidup sibuk menunaikan beragai kewajiban. Sementara setelah wafat, beban kewajiban itu sudah diturunkan dari pundaknya. Wali yang hidup memiliki sisi keistimewaan dan memiliki sisi manusiawi. Bahkan terkadang salah satunya lebih dominan dibanding sisi lainnya. Terlebih lagi di zaman sekarang ini, sisi manusiawinya lebih dominan. Sementara seorang Wali yang telah meninggal dunia hanya memiliki sisi keistimewaan.”
Wallahu’alam Bis-Sawab.
Semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala menambah kecintaan kita kepada para auliya min bani alawy…khususnya Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad.
Dan semoga kita, keluarga kita dan seluruh muslimin muslimat mendapatkan barkah, asrar, madad dan anwar Habib Abdullah Al Haddad dan para Wali Allah Subhaanahu wa Ta’ala. Aamiiin.
اللهم صل على سيدنا محمد واله وصحبه وسلم
Ingin bertanya permasalahan Agama? Kirimkan pertanyaan Anda kepada Tim Asatidz Tafaqquh Nyantri Yuk, klik http://tanya.nyantriyuk.id