Pertanyaan: Ketika saya bermakmum di masjid dekat rumah saya, sang imam sering salah dalam rukun fi’li dan qouli, apakah saya tetap harus sholat di masjid tersebut? Dan bagaimana solusinya agar sang imam mengerti kesalahannya?
Jawab :
Sholat jama’ah menurut Ar-Rofi’i dan Al-Mawardi selain Jumat berhukum sunnah muakkad ( sangat di anjurkan ), sedangkan almu’tamad yang d ambil oleh An-Nawawi dan ulama’ yang lainnya berhukum fardhu kifayah bagi laki-laki yang merdeka yang muqim dan tidak dalam keadaan telanjang sekiranya tampak syiar Islam, dan kewajiban ini tidaklah gugur ketika dilakukan oleh selain mereka.
Sedangkan salah satu syarat sahnya berjamaah adalah si makmum tidak tahu dengan batalnya sholatnya si imam. Maka tidak sah bermakmum kepada orang yang disangka dengan sangkaan yang kuat atau bahkan diyakini solatnya batal sebab sesuatu yang membatalkan sholat secara pasti..
Akan tetapi alasan ini tidak masuk dalam kategori udzur yang memperbolehkan untuk tidak berjamaah, sehingga kewajiban kifayah untuk berjamaah tetap harus dilaksanakan.
Maka dari itu seyogyanya Takmir harus diajak berembuk untuk memutuskan siapa yang pantas untuk didahulukan sebagai imam. Adapun urutan orang yang di dahulukan sebagai imam adalah:
- Al-Afqoh ( yang paling faham fiqh sholat ),
- kemudian Al-Aqro’ ( yang paling banyak hafal Qur’an ),
- kemudian Al-Awro’ ( yang paling warok),
- kemudian Al- Asan ( yang paling sepuh ),
- dan seterusnya dlm hukum fiqih.
Wallohu a’lam
Referensi :
بشرى الكريم بشرح مساءل التعليم ص : ٣٣٤ دارالمنهاج
(فصل) في شروط الإمام :
(شرح صحة القدوة) في الإمام (أن لايعلم) المقتدي (بطلان صلاةإمامه بحدث أو غيره)
مما أتفق على بطلان الصلاة به ككفر، وكشف عورة؛ لإنه حينئذ ليس في صلاة مع تقصير المأموم ( وأن لا يعتقد بطلانها )
نهاية الزين ص :١٥٤ دارالكتب الإسلامية
تتمة : ورخص في ترك الجماعة بعذر عام أو خاص كمشقة مطر، ومثله تقاطر السقوف على المارين بعد فراغ المطر.. -الى أن قال – ومن الأعذار : زلزله ..- إلى أن قال- وكون الإمام ممن يكره الإقتداء…
مغنى المحتاج ص: ٣٣٨ دار الكتب العلميه
والأصح أن الأفقه أولى من الأقراء والأورع، ويقدم الأفقه والأقراء على الأسن النسيب،، الى أن قال- والولي في محل ولايته أولى من الأفقه والمالك
(Hasil Bahtsul Masail Tim Kupas Tuntas Masalah Agama Tafaqquh Surakarta pada Jum’at, 12 Rabi’ul Awwal 1439 H/ 01 Desember 2017 M, bertempat di Base Camp Riyadhul Jannah Surakarta)
Ingin bertanya permasalahan Agama? Kirimkan pertanyaan Anda kepada Tim Asatidz Tafaqquh Nyantri Yuk, klik http://tanya.nyantriyuk.id