Pertanyaan : Mau tanya bagaimana hukum nya sholat dhuha atau sholat sunnah berjamaah ?
( Balqis )
Jawaban :
Imam An Nawawi menyebutkan :
ﻗﺎﻝ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﺗﻄﻮﻉ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﺿﺮﺑﺎﻥ ( ﺿﺮﺏ ) ﺗﺴﻦ ﻓﻴﻪ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﻌﻴﺪ ﻭﺍﻟﻜﺴﻮﻑ ﻭﺍﻻﺳﺘﺴﻘﺎﺀ ﻭﻛﺬﺍ ﺍﻟﺘﺮﺍﻭﻳﺢ ﻋﻠﻲ ﺍﻻﺻﺢ ( ﻭﺿﺮﺏ ) ﻻ ﺗﺴﻦ ﻟﻪ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﻟﻜﻦ ﻟﻮ ﻓﻌﻞ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﺻﺢ ﻭﻫﻮ ﻣﺎ ﺳﻮﻯ ﺫﻟﻚ
Kalangan pengikut Madzhab Syafi’i berkata “Shalat sunnah terbagi atas dua bagian :
1. Shalat sunnah yang disunahkan dilaksanakan secara berjamaah yaitu shalat ied (Iedul Fitri ataupun iedul Adha), shalat gerhana (baik gerhana matahari atau bulan), shalat Istisqaa dan menurut pendapat yang paling shahih adalah sholat tarawih.
2. Shalat sunnah yang tidak disunahkan dilaksanakan secara berjamaah namun bila dilaksanakan secara berjamaah hukumnya sah-sah saja yaitu shalat-shalat sunnat selain itu
Imam Zakaria Al Anshori menyatakan dengan jelas bahwa shalat dhuha termasuk diantara shalat yang tidak disunnahkan dilakukan secara berjamaah.
Alhasil, melakukan shalat-shalat sunnah yang tidak disyariatkan hukumnya boleh, hanya saja demikian itu / berjamaahnya itu tidak bernilai pahala. Namun apabila demikian itu / berjamaah itu dilakukan karena bertujuan untuk memberi dorongan atau pelajaran untuk yang lain agar melakukannya maka mendapatkan pahala, selama pelaksanaan jamaah dalam shalat sunnah tersebut tidak menimbulkan hal-hal yang diharamkan seperti menyakiti / mengganggu orang lain atau memberi kesan bahwa shalat dhuha tersebut disyariatkan dilakukan dengan cara berjamaah.
اسنى المطالب ج ١ ص ٢٠٠-٢٠١
ﻭﻫﻮ ﺃَﻱْ ﺍﻟﺘَّﻄَﻮُّﻉُ ﻗِﺴْﻤَﺎﻥِ ﻗِﺴْﻢٌ ﺗُﺴَﻦُّ ﻟﻪ ﺍﻟْﺠَﻤَﺎﻋَﺔُ ﻭﻫﻮ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻣِﻤَّﺎ ﻟَﺎ ﺗُﺴَﻦُّ ﻟﻪ ﺟَﻤَﺎﻋَﺔٌ ﻟِﺘَﺄَﻛُّﺪِﻩِ ﺑِﺴَﻨِّﻬَﺎ ﻟﻪ ﻭَﻟَﻪُ ﻣَﺮَﺍﺗِﺐُ ﺃَﺧَﺬَ ﻓﻲ ﺑَﻴَﺎﻧِﻬَﺎ ﻓﻘﺎﻝ ﻭَﺃَﻓْﻀَﻠُﻪُ ﺍﻟْﻌِﻴﺪَﺍﻥِ ﻟِﺸَﺒَﻬِﻬِﻤَﺎ ﺍﻟْﻔَﺮْﺽَ ﻓﻲ ﺍﻟْﺠَﻤَﺎﻋَﺔِ ﻭَﺗَﻌَﻴُّﻦِ ﺍﻟْﻮَﻗْﺖِ ﻭَﻟِﻠْﺨِﻠَﺎﻑِ ﻓﻲ ﺃَﻧَّﻬُﻤَﺎ ﻓَﺮْﺿَﺎ ﻛِﻔَﺎﻳَﺔٍ .… ﻭَﻗِﻴﻞَ ﺇﻥَّ ﻋَﺸْﺮَﻩُ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻣﻦ ﺍﻟْﻌَﺸْﺮِ ﺍﻟْﺄَﺧِﻴﺮِ ﻣﻦ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﺛُﻢَّ ﺍﻟْﻜُﺴُﻮﻑُ ﻟِﻠﺸَّﻤْﺲِ ﺛُﻢَّ ﺍﻟْﺨُﺴُﻮﻑُ ﻟِﻠْﻘَﻤَﺮِ ﻟِﺨَﻮْﻑِ ﻓَﻮْﺗِﻬِﻤَﺎ ﺑِﺎﻟِﺎﻧْﺠِﻠَﺎﺀِ ﻛَﺎﻟْﻤُﺆَﻗَّﺖِ ﺑِﺎﻟﺰَّﻣَﺎﻥِ … ﺛُﻢَّ ﺍﻟِﺎﺳْﺘِﺴْﻘَﺎﺀُ ﻟِﺘَﺄَﻛُّﺪِ ﻃَﻠَﺐِ ﺍﻟْﺠَﻤَﺎﻋَﺔِ ﻓﻴﻬﺎ ﺛُﻢَّ ﺍﻟﺘَّﺮَﺍﻭِﻳﺢُ .… ﻭَﻗِﺴْﻢٌ ﻟَﺎ ﺗُﺴَﻦُّ ﻟﻪ ﺍﻟْﺠَﻤَﺎﻋَﺔُ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﺮَّﻭَﺍﺗِﺐُ ﺍﻟﺘَّﺎﺑِﻌَﺔِ ﻟِﻠْﻔَﺮَﺍﺋِﺾِ ﻭَﻏَﻴْﺮِﻫَﺎ ﻛَﺎﻟﻀُّﺤَﻰ ﻭَﺃَﻓْﻀَﻠُﻬَﺎ ﺍﻟْﻮِﺗْﺮُ ….
ﺑﻐﻴﺔ ﺍﻟﻤﺴﺘﺮﺷﺪﻳﻦ ﺝ ١ ﺹ ١٣٦
( ﻣﺴﺄﻟﺔ : ﺏ ﻙ ) : ﺗﺒﺎﺡ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﻓﻲ ﻧﺤﻮ ﺍﻟﻮﺗﺮ ﻭﺍﻟﺘﺴﺒﻴﺢ ﻓﻼ ﻛﺮﺍﻫﺔ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻭﻻ ﺛﻮﺍﺏ ، ﻧﻌﻢ ﺇﻥ ﻗﺼﺪ ﺗﻌﻠﻴﻢ ﺍﻟﻤﺼﻠﻴﻦ ﻭﺗﺤﺮﻳﻀﻬﻢ ﻛﺎﻥ ﻟﻪ ﺛﻮﺍﺏ ، ﻭﺃﻱ ﺛﻮﺍﺏ ﺑﺎﻟﻨﻴﺔ ﺍﻟﺤﺴﻨﺔ ، ﻓﻜﻤﺎ ﻳﺒﺎﺡ ﺍﻟﺠﻬﺮ ﻓﻲ ﻣﻮﺿﻊ ﺍﻹﺳﺮﺍﺭ ﺍﻟﺬﻱ ﻫﻮ ﻣﻜﺮﻭﻩ ﻟﻠﺘﻌﻠﻴﻢ ﻓﺄﻭﻟﻰ ﻣﺎ ﺃﺻﻠﻪ ﺍﻹﺑﺎﺣﺔ ، ﻭﻛﻤﺎ ﻳﺜﺎﺏ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺒﺎﺣﺎﺕ ﺇﺫﺍ ﻗﺼﺪ ﺑﻬﺎ ﺍﻟﻘﺮﺑﺔ ﻛﺎﻟﺘﻘﻮّﻱ ﺑﺎﻷﻛﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻄﺎﻋﺔ ، ﻫﺬﺍ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﻘﺘﺮﻥ ﺑﺬﻟﻚ ﻣﺤﺬﻭﺭ ، ﻛﻨﺤﻮ ﺇﻳﺬﺍﺀ ﺃﻭ ﺍﻋﺘﻘﺎﺩ ﺍﻟﻌﺎﻣﺔ ﻣﺸﺮﻭﻋﻴﺔ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﻭﺇﻻ ﻓﻼ ﺛﻮﺍﺏ ﺑﻞ ﻳﺤﺮﻡ ﻭﻳﻤﻨﻊ ﻣﻨﻬﺎ .
ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻤﻬﺬﺏ ج ٤ ص ٥٥
ﻭَﺃَﻣَّﺎ ﺑَﺎﻗِﻲ ﺍﻟﻨَّﻮَﺍﻓِﻞِ ﻛَﺎﻟﺴُّﻨَﻦِ ﺍﻟﺮَّﺍﺗِﺒَﺔِ ﻣَﻊَ ﺍﻟْﻔَﺮَﺍﺋِﺾِ ﻭَﺍﻟﻀُّﺤَﻰ ﻭَﺍﻟﻨَّﻮَﺍﻓِﻞِ ﺍﻟْﻤُﻄْﻠَﻘَﺔِ ﻓَﻠَﺎ ﺗُﺸْﺮَﻉُ ﻓِﻴﻬَﺎ ﺍﻟْﺠَﻤَﺎﻋَﺔُ ﺃَﻱْ ﻟَﺎ ﺗُﺴْﺘَﺤَﺐُّ ﻟَﻜِﻦْ ﻟَﻮْ ﺻَﻠَّﺎﻫَﺎ ﺟَﻤَﺎﻋَﺔً ﺟَﺎﺯَ ﻭَﻟَﺎ ﻳُﻘَﺎﻝُ ﺇﻧَّﻪُ ﻣَﻜْﺮُﻭﻩٌ ﻭَﻗَﺪْ ﻧَﺺَّ ﺍﻟﺸَّﺎﻓِﻌِﻲُّ ﺭَﺣِﻤَﻪُ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻓِﻲ ﻣُﺨْﺘَﺼَﺮَﻱْ ﺍﻟْﺒُﻮَﻳْﻄِﻲِّ ﻭَﺍﻟﺮَّﺑِﻴﻊِ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﻧَّﻪُ ﻟَﺎ ﺑَﺄْﺱَ ﺑِﺎﻟْﺠَﻤَﺎﻋَﺔِ ﻓِﻲ ﺍﻟﻨَّﺎﻓِﻠَﺔِ ﻭَﺩَﻟِﻴﻞُ ﺟَﻮَﺍﺯِﻫَﺎ ﺟَﻤَﺎﻋَﺔُ ﺃَﺣَﺎﺩِﻳﺚَ ﻛَﺜِﻴﺮَﺓٍ ﻓِﻲ ﺍﻟﺼَّﺤِﻴﺢِ .
Ingin bertanya permasalahan Agama? Kirimkan pertanyaan Anda kepada Tim Asatidz Tafaqquh Nyantri Yuk, klik http://tanya.nyantriyuk.id