Harus ber-Madzhab, jangan berfatwa langsung dari Al Qur’an dan Hadits.
(مسألة: ك): شخص طلب العلم، وأكثر من مطالعة الكتب المؤلفة من التفسير والحديث والفقه، وكان ذا فهم وذكاء، فتحكم في رأيه أن جملة هذه الأمة ضلوا وأضلوا عن أصل الدين وطريق سيد المرسلين ، فرفض جميع مؤلفات أهل العلم، ولم يلتزم مذهباً، بل عدل إلى الاجتهاد، وادّعى الاستنباط من الكتاب والسنة بزعمه، وليس فيه شروط الاجتهاد المعتبرة عند أهل العلم، ومع ذلك يلزم الأمة الأخذ بقوله ويوجب متابعته، فهذا الشخص المذكور المدَّعي الاجتهاد يجب عليه الرجوع إلى الحق ورفض الدعاوى الباطلة، وإذ طرح مؤلفات أهل الشرع فليت شعري بماذا يتمسك؟ فإنه لم يدرك النبي عليه الصلاة والسلام، ولا أحداً من أصحابه رضوان الله عليهم، فإن كان عنده شيء من العلم فهو من مؤلفات أهل الشرع، وحيث كانت على ضلالة فمن أين وقع على الهدى؟ فليبينه لنا فإن كتب الأئمة الأربعة رضوان الله عليهم ومقلديهم جلّ مأخذها من الكتاب والسنة، وكيف أخذ هو ما يخالفها؟ ودعواه الاجتهاد اليوم في غاية البعد كيف؟ وقد قال الشيخان وسبقهما الفخر الرازي: الناس اليوم كالمجمعين على أنه لا مجتهد، ونقل ابن حجر عن بعض الأصوليين: أنه لم يوجد بعد عصر الشافعي مجتهد أي: مستقل، وهذا الإمام السيوطي مع سعة اطلاعه وباعه في العلوم وتفننه بما لم يسبق إليه ادعى الاجتهاد النسبي لا الاستقلالي، فلم يسلم له وقد نافت مؤلفاته على الخمسمائة، وأما حمل الناس على مذهبه فغير جائز، وإن فرض أنه مجتهد مستقل ككل مجتهد ـ اهـ بغية المسترشدين ص ٦ المرجع الأكبر
Artinya: Ada orang-orang yang pandai dan cerdas, banyak mempelajari kitab kitab karangan Ulama Salaf, baik itu Tafsir, Hadits, maupun ilmu Fiqih, kemudian menghukumi suatu masalah dengan pendapatnya sendiri, maka orang yang seperti ini adalah orang yang sesat dan menyesatkan yang justru menjauhkan dari pokok agama yang benar dan jalan Pemimpin para Rasul yaitu Nabi Muhammad Saw.
Mereka menolak kitab-kitab Ulama Salaf yang notabene adalah ahli ilmu, mereka menyuarakan tentang tidak wajibnya ber-Madzhab dan mengarahkan kepada pemahaman agama dari hasil Ijtihadnya sendiri, mereka mengaku ber-Istinbath (menggali Hukum) langsung kepada Al-Qur’an dan Sunnah dengan pemahaman sendiri, sedang mereka tidak memenuhi kriteria Syarat-Syarat ber-Ijtihad yang sudah Masyhur bagi ahli ilmu, mereka mewajibkan masyarakat untuk mengikuti hasil Ijtihad mereka. Maka untuk orang orang yang seperti di atas (yang mengaku-ngaku ber-Ijtihad langsung/ menggali hukum langsung dari Al-Qur’an dan Sunnah) wajib atas mereka bertaubat dan kembali kepada jalan kebenaran (sesuai pemahaman mayoritas ulama Salaf) dan masyarakat wajb menolak ajakan mereka yang bathil.
Apabila kitab-kitab karangan para ulama Salaf dikesampingkan (tidak dipakai), maka dengan apa seseorang memahami agama ini yang selanjutnya dipakai untuk pedoman hidup ?
Padahal dia tidak bertemu langsung dengan Nabiyyuna Muhammad SAW, juga tidak bertemu dengan para Sahabat Nabi.
Bila kebetulan dia mempunyai sesuatu kitab karangan ulama Salaf lalu dia mempelajarinya sendiri, lalu dalam proses memahami kitab tersebut dia salah pemahaman, maka kepada siapa dia akan minta petunjuk untuk membenarkan pemahamannya? Silakan jelaskan kepada kami !
Sesungguhnya kitab-kitab karya para Imam Agung empat Madzhab dan para ulama yang Taqlid (mengikuti) kepada mereka, Sumbernya adalah Al-Qur’an dan Sunnah.
Bagaimana proses Ijtihadnya sehingga menyelisihi pendapat-pendapat mereka ?
Kenapa mereka yang saat ini mengaku ber-Ijtihad langsung dan kembali kepada Al-Qur’an da Sunnah menghasilkan pendapat dan pemikiran yang sangat jauh dari para Imam Madzhab yang empat diatas?
Al-Imam Asy-Syaikhoni berkat : dan pendahulu mereka Al-Imam Al-Fakhrur Rozi: Orang-orang zaman sekarang ini ibarat perkumpulan banyak orang hanya saja tidak ada Mujtahid di dalamnya.
Syaikh Ibnu Hajar menuqil Fatwa dari sebagian para Ahli Ushuluddin: Sesungguhnya setelah kurun masa Imam Syafi’i tidak ditemukan lagi seorangpun yang mencapai derajat Mujtahid Mustaqil (Mujtahid yang menggali langsung Al-Qur’an da Sunnah).
Contoh terdekat, Imam As-Suyuthi yang dikenal luas ilmunya dan mengusai berbagai fan ilmu, beliau berijtihad dengan Nisbi (mengikuti pendapat dari Imam Syafi’i), bukan seorang Mujtahid Mustaqil, kenapa beliau tidak berani? padahal kitab-kitab karangan beliau sangat banyak, tidak kurang dari 500 (lima ratus) kitab .
Sesunguhnya orang-orang yang menggali hukum sendiri seperti layaknya seorang Mujtahid Mustaqil dan menganggap hasil Ijtihad mereka benar, hal itu tidak diperbolehkan, walaupun mereka memastikan bahwa mereka adalah seorang Mujtahid Mustaqil, seperti layaknya Mujtahid zaman dahulu’’.
Ingin bertanya permasalahan Agama? Kirimkan pertanyaan Anda kepada Tim Asatidz Tafaqquh Nyantri Yuk, klik http://tanya.nyantriyuk.id