Soal: Apa Hukum Memberi Zakat Kepada Saadah atau Ahlul Bait ?
Jawab:
Al-Habib Ahmad bin Zain Al-habsyi berkata di dalam kitab karyanya risalatul jamiah
ولا يجوز ان تصرف الزكاة و الفطرة الا الى حر مسلم متصف بصفة احد الاصناف الثمانية كالفقير و المسكين وكونه غير هاشمي ولا مطلبي
“Tidak sah zakat apa pun diserahkan kepada seseorang kecuali orang merdeka, muslim dan tersifati dengan salah satu sifat dari delapan golongan seperti faqir dan miskin dan bukan keturunan bani hasyim atau mut-tholib”
Lalu bagaimana hukum memberikan zakat kepada ahlul bait ?
Pemberian zakat kepada ahlul bait menjadi perselisihan diantara ulama’ mulai sejak tidak ada bagian khumusil-khumus dari kas negara untuk mereka (ahlul bait).
Al-allamah Al-faqiih Al-muhaqqiq’ As-syech Salim bin Said pernah ditanya oleh Al-habib Muhammad bin Salim (Ayah Al-habib Umar) perihal zakat kepada ahlul-bait, lalu As-syech Salim menjawab :
Mayoritas ulama’ Syafiiyyah bersepakat atas larangan memberi zakat kepada ahlul-bait, akan tetapi ketika ahlul-bait tidak mendapat bagian dari khumusil-khumus maka banyak dari ulama’ syafiiyah berpendapat boleh memberikan zakat kepada mereka, diantara ulama’ yang membolehkan Al-ustukhriy, Al-harowiy, Ibnu Yahya, Ibnu Abi Huroiroh, bahkan Al-fahru Rozi, Al-qodhi husain, dan Ibnu Ziyad mengamalkan dan berfatwa atas kebolehan memberi zakat kepada ahlul bait yang sudah tidak lagi mendapatkan Khumusil-khumus.
As-syech Ahmad bin Abu Bakar Al-asykhor berkata : mereka para ulama’ yang membolehkan zakat kepada ahlul bait yang sudah tidak mendapatkan khumusil-khumus adalah para imam di dalam ucapannya (fatwa) ada kekuatan dalil yang boleh diikuti. Orang yang mengeluarkan zakat dan diberikan kepada ahlul bait seperti kriteria diatas dengan dasar mengikuti pendapat para ulama’ tersebut maka dia telah sah dan terbebas dari tanggungan kewajiban zakat.
Ulama’ yang membolehkan pemberian zakat kepada ahlul bait berdasarkan hadist Nabi Muhammad Shallahu ‘alaihi Wa Sallam
فان لهم في خمس الخمس ما يكفيهم او يغنيهم
“Sesungguhnya bagi mereka ahli bait mempunyai hak dari kas negara (khumusil-khumus) yang bisa membuat mereka menjadi orang yang cukup.”
Hukum berkutat sesuai illah, semenjak mereka tercukupi dengan khumusil-khumus maka mereka tidak boleh diberi zakat apapun, akan tetapi jika mereka sudah tidak mendapat khumusil-khumus maka boleh memberikan zakat kepada mereka (ahlul-bait) karena illah untuk mencegah pemberikan zakat sudah tidak ada (khumusil-khumus). Ini adalah pemahaman para ulama’ yang membolehkan zakat kepada ahlul bait yang bisa difahami dari teks hadist tersebut. Dan hal ini bukan hukum syareat baru yang mereka buat dan bukan pula menghalalkan apa yang telah diharamkan Rosulullah Shallahu ‘alaihi Wa Sallam.
Ingat, kebolehan memberi zakat kepada ahlul bait adalah dari sisi pemahaman dan ijtihad para ulama atas teks hadist.
Alhabib Abdullah bin Muhsin Al-attos empang bogor pernah ditanya mengenai zakat kepada ahlul bait
وسألته رضي الله رضي الله عن اعطاء الزكاة لأهل البيت : فقال رضي الله عنه : عمل السلف يعطون اهل منها ولكنهم لا يأمرون أحدا بذلك ولاينهون عنه
Al-habib Abdullah bin Muhsin Al-alattos menjawab “Amalnya para salaf adalah mereka memberi zakat kepada ahlul bait, akan tetapi mereka tidak pernah memerintahkan orang untuk memberi zakat kepada ahlul bait dan tidak pula melarang orang memberi zakat kepada ahlul bait.”
Untuk jalan tengah maka lebih baik zakat ahlul-bait diberikan kepada ahlul-bait
وعن الريمي انه قال وعند ابي يوسف و الامام يجوز لذوي القربى أخذ مال زكاة بعضهم بعضا
Dari Ar-roimi beliau berkata: Menurut Abu Yusuf dan Al-imam Abu Hanifah boleh bagi ahlul-bait saling memberi dan mengambil zakat antara mereka sendiri.
Wallahu A’lam.
Referensi:
- Fathu ilahil-mannan.hal 58
- Majmu’ Muhimmatil-masail As-sayyid Toha bin Umar Assegaf. Hal 139
Ingin bertanya permasalahan Agama? Kirimkan pertanyaan Anda kepada Tim Asatidz Tafaqquh Nyantri Yuk, klik http://tanya.nyantriyuk.id