Pertanyaan:
Assalamualaikum wr.wb.
Saya ingin bertanya ustadz mengenai masturbasi, Jadi pada saat malam hari, saya melalukan masturbasi tangan lalu paginya saya haid tetapi saya belum mandi junub dan setelah beberapa hari haid, haid saya sudah berhenti, akan tetapi saya belum mandi haid, terus saya melakukan masturbasi tangan lagi lalu keluar mani juga. dan yang ingin saya tanyakan, mandi apa yang harus saya dahulukan? mandi junub atau mandi haid atau saya mandi haid saja ?
Terimakasih.
N*********** (n************@gmail.com)
Jawaban :
Dalam masalah ini tidak perlu mendahulukan mandi untuk salah satunya, karena ketika seseorang memiliki dua Hadats besar atau lebih sebagaimana permasalahan di atas (Hadats Junub dan Hadats Haid) yang keduanya sama-sama mewajibkan mandi bagi yang bersangkutan, maka yang harus di lakukan hanyalah 1 mandi saja, tidak harus melakukan mandi 2 kali, baik di dalam mandinya itu ia berniat menyucikan diri dari Hadats keduanya (Junub & Haid) atau salah satunya, Maka itu sudah Cukup/ Boleh.
Demikian ini tidak ada perselisihan di antara para Ulama’ sebagaimana di sebutkan oleh Imam An Nawawi di dalam kitab Al Majmu’ Syarh Al Muhaddzab.
Dan juga perlu diketahui bahwa hukumnya masturbasi/onani adalah Haram
Referensi:
حاشية الجمل على شرح المنهج = فتوحات الوهاب بتوضيح شرح منهج الطلاب ج ١ ص ١٦٦
وَأَمَّا إذَا اغْتَسَلَ لِفَرْضَيْنِ، فَإِنْ كَانَا وَاجِبَيْنِ بِأَصْلِ الشَّرْعِ كَجَنَابَةٍ وَحَيْضٍ حَصَلَا سَوَاءٌ نَوَاهُمَا أَوْ أَحَدَهُمَا وَسَكَتَ عَنْ الْآخَرِ أَوْ نَفَاهُ. وَأَمَّا إذَا كَانَا وَاجِبَيْنِ لَا بِأَصْلِ الشَّرْعِ كَنَذْرَيْنِ أَوْ نَذْرٍ وَاجِبٍ بِأَصْلِ الشَّرْعِ كَجَنَابَةٍ وَغُسْلِ جُمُعَةٍ مَنْذُورٍ، وَلَمْ يَحْصُلْ لَهُ إلَّا مَا نَوَاهُ اهـ شَيْخُنَا ح ف.
النجم الوهاج في شرح المنهاج ج ١ ص ٣٨٦
ولو اجتمع على المرأة غسل جنابة وحيض، فاغتسلت بنية أحدهما أجزأها.
قال في (شرح المهذب): بلا خلاف.
أسنى المطالب في شرح روض الطالب ج ١ ص ٧١
(وَإِنْ وَجَبَ عَلَيْهِ فَرْضَانِ) كَغُسْلَيْ جَنَابَةٍ وَحَيْضٍ (كَفَاهُ الْغُسْلُ لِأَحَدِهِمَا كَنَفْلَيْنِ) نَحْوُ غُسْلَيْ جُمُعَةٍ وَعِيدٍ وَلَا يَضُرُّ التَّشْرِيكُ بِخِلَافِ نَحْوِ الظُّهْرِ مَعَ سُنَّتِهِ لِأَنَّ مَبْنَى الطَّهَارَةِ عَلَى التَّدَاخُلِ بِخِلَافِ الصَّلَاةِ، وَقَوْلُهُ كَعَكْسِهِ . . إلَخْ مِنْ زِيَادَتِهِ
كتاب المجموع شرح المهذب – باب حد الزنا ج ٢٠ ص٣٣
وقال ابن كثير في تفسير الآية، وقد استدل الامام الشافعي رحمه الله ومن وافقه على تحريم الاستمناء باليد بهذه الآية الكريمة (والذين هم لفروجهم حافظون ..أيمانهم)
كتاب روضة الطالبين وعمدة المفتين ج ٧ ص ٢٠٦
*الثَّالِثَةُ: الِاسْتِمْنَاءُ بِالْيَدِ حَرَامٌ،* وَنَقَلَ ابْنُ كَجٍّ أَنَّهُ تُوُقِّفَ فِيهِ فِي الْقَدِيمِ. وَالْمَذْهَبُ الْجَزْمُ بِتَحْرِيمِهِ، وَيَجُوزُ أَنْ يَسْتَمْنِيَ بِيَدِ زَوْجَتِهِ وَجَارِيَتِهِ، كَمَا يَسْتَمْتِعُ بِسَائِرِ بَدَنِهَا، ذَكَرَهُ الْمُتَوَلِّي، وَنَقَلَهُ الرُّويَانِيُّ.
Oleh Ustadz Zean Areev ( Staf Pengajar Pondok Pesantren Riyadhul Jannah Surakarta)
Ingin bertanya permasalahan Agama? Kirimkan pertanyaan Anda kepada Tim Asatidz Tafaqquh Nyantri Yuk, klik http://tanya.nyantriyuk.id