Fikih wanita
Pada dasarnya, seorang istri tidak boleh menolak ajakan suaminya yang mengajaknya untuk melakukan hubungan intim, dan apabila sang istri tersebut menolak maka penolakannya itu hukumnya adalah haram dan dianggap sebagai pembangkangan istri terhadap suami (Nusyuz) yang mengakibatkan gugurnya nafkah di hari itu.
Kecuali apabila penolakan tersebut berdasar pada alasan yang memperbolehkannya untuk menolak, yang telah ditetapkan oleh Syariat, diantaranya adalah karena kemaluan sang istri saat itu sedang najis.
Seorang istri yang kemaluannya berada dalam kondisi najis, tidak boleh (haram) mempersilahkan suaminya untuk menyetubuhinya, bahkan ia diwajibkan untuk menolaknya dan penolakannya tersebut tidak dianggap sebagai Nusyuz.
Tambahan :
- Perempuan, apabila najis kemaluannya itu disebabkan karena Istihadhoh atau orang yang beser kencing dan lain sebagainya (Najis), maka boleh baginya mempersilahkan suaminya untuk menyetubuhinya
- Perempuan yang menghawatirkan seandainya ia menolak ajakan suami untuk berhubungan intim, maka suaminya akan berzina, maka wajib baginya mempersilahkan suaminya untuk menyetubuhinya.
- Perempuan yang tidak menemukan air untuk membasuh/ menyucikan kemaluannya (menurut Ibnu Syarof) maka boleh baginya untuk mempersilahkan suaminya untuk menyetubuhinya.
-[Zean Areev]-
شرح المقدمة الحضرمية المسمى بشرى الكريم بشرح مسائل التعليم ص ١٣٦
ويحرم جماع من تنجس ذكره إلا سلساً، ومن يعلم من عادته أن الماء يفتر ذكره.
حاشية البجيرمي على الخطيب = تحفة الحبيب على شرح الخطيب، ١٠٦/١
قَوْلُهُ: (وَمَذْيٍ) بِسُكُونِ الذَّالِ الْمُعْجَمَةِ أَيْ مَعَ تَخْفِيفِ الْيَاءِ وَبِكَسْرِ الذَّالِ مَعَ تَخْفِيفِ الْيَاءِ وَتَشْدِيدِهَا، وَمِثْلُهُ فِي ذَلِكَ الْوَدْيُ. نَعَمْ يُعْفَى عَنْهُ لِمَنْ اُبْتُلِيَ بِهِ بِالنِّسْبَةِ لِلْجِمَاعِ، وَأَفْتَى الْعَلَّامَةُ الرَّمْلِيُّ بِحُرْمَةِ جِمَاعِ مَنْ تَنَجَّسَ ذَكَرُهُ قَبْلَ غَسْلِهِ، وَيَنْبَغِي تَخْصِيصُهُ بِغَيْرِ السَّلِسِ، وَأَمَّا الْمَرْأَةُ الَّتِي لَمْ تَسْتَنْجِ أَوْ تَغْسِلْ فَرْجَهَا فَيَحْرُمُ عَلَيْهَا تَمْكِينُ الزَّوْجِ قَبْلَ غَسْلِهِ، وَكَذَا هُوَ لَوْ كَانَ مُسْتَجْمِرًا بِالْحَجَرِ فَيَحْرُمُ عَلَيْهِ جِمَاعُهَا وَيَحْرُمُ عَلَيْهَا تَمْكِينُهُ، وَلَا تَصِيرُ بِالِامْتِنَاعِ نَاشِزَةً، وَعَلَيْهِ فَلَوْ فَقَدَ الْمَاءَ امْتَنَعَ عَلَيْهِ الْجِمَاعُ، وَلَا يَكُونُ فَقْدُهُ عُذْرًا فِي جَوَازِهِ. نَعَمْ إنْ خَافَ الزِّنَا اتَّجَهَ أَنَّهُ عُذْرٌ فَيَجُوزُ الْوَطْءُ سَوَاءٌ أَكَانَ الْمُسْتَجْمِرُ بِالْحَجَرِ الرَّجُلَ أَوْ الْمَرْأَةَ، وَيَجِبُ عَلَيْهَا التَّمْكِينُ حِينَئِذٍ فِيمَا إذَا كَانَ الرَّجُلُ مُسْتَجْمِرًا بِالْحَجَرِ. وَهِيَ بِالْمَاءِ. اهـ. ع ش عَلَى م ر مَعَ زِيَادَةٍ مِنْ ق ل وَقَالَ ابْنُ شَرَفٍ: لَوْ فَقَدَ الْمَاءَ جَازَ لَهُ الْجِمَاعُ بِدُونِ غَسْلِ الذَّكَرِ.
حاشية البجيرمي على الخطيب = تحفة الحبيب على شرح الخطيب، ٢٤٧/١
وَأَفْتَى الْوَالِدُ بِحُرْمَةِ جِمَاعِ مَنْ تَنَجَّسَ ذَكَرُهُ قَبْلَ غَسْلِهِ، وَيَنْبَغِي تَخْصِيصُهُ بِغَيْرِ السَّلَسِ لِتَصْرِيحِهِمْ بِحِلِّ وَطْءِ الْمُسْتَحَاضَةِ مَعَ جَرَيَانِ دَمِهَا اهـ
نهاية الزين ص ١٧
وَلَو كَانَ فرج الْمَرْأَة متنجسا أَو كَانَت مستنجية بالأحجار حرم عَلَيْهَا تَمْكِين الحليل قبل تَطْهِيره وَلَا تعد بِعَدَمِ التَّمْكِين نَاشِزَة
Ingin bertanya permasalahan Agama? Kirimkan pertanyaan Anda kepada Tim Asatidz Tafaqquh Nyantri Yuk, klik http://tanya.nyantriyuk.id